SOLOPOS.COM - Ilustrasi jari tangan kaku. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui apa itu penyakit trigger finger dan gejalanya terutama bagi kamu yang terbiasa menggunakan jari jempol untuk bekerja, main ponsel pintar, dan aktivitas lainnya berulang-ulang. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @antonbudiasih. Dikutip pada Rabu (4/10/2023), ia membagikan video bersama pasiennya yang terkena tendinitis.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sebenernya kenapa si terjadi tendinitis, ya karena njenengan bekerja pake jempol terus, main hp pake jempol, buka tutup apa pake jempol selalu berulang-ulang,” jelasnya.

Agar semakin tahu apa itu penyakit trigger finger, simak pengertiannya terlebih dahulu. Dikutip dari webmd.com pada Rabu (4/10/2023),  tendinitis merupakan kondisi yang membuat jari atau ibu jari Anda terjepit saat Anda menekuknya. Hal ini mempengaruhi jari mana pun dalam satu waktu. Anda dapat memegangnya dengan kedua tangan. Anda mungkin mendengarnya disebut stenosing tenosynovitis yang mempengaruhi ibu jari Anda (trigger thumb).

Dikutip dari mayoclinic.org pada Rabu (4/10/2023), gejala trigger finger dapat berkembang dari ringan hingga parah dan meliputi kekakuan jari, terutama di pagi hari, sensasi letupan atau klik saat jari bergerak, nyeri tekan atau benjolan pada telapak tangan di pangkal jari yang terkena, jari menangkap atau mengunci dalam posisi membungkuk, yang tiba-tiba menyembul lurus, dan jari terkunci dalam posisi membungkuk.

Dikutip dari clevelandclinic.org pada Rabu (4/10/2023), siapa pun dapat mengalami trigger finger. Namun lebih sering terjadi pada orang yang berusia antara 40 tahun dan 60 tahun. Memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda melakukan gerakan berulang-ulang yang berat, menggenggam,  atau memberikan banyak tenaga dengan jari tangan dan ibu jari membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit ini. Contohnya meliputi bertani atau berkebun, pekerjaan industri atau bekerja dengan alat, memainkan instrument, dan bermain olahraga raket (seperti tenis, bola raket, atau bola acar).

Untuk semakin tahu apa itu penyakit trigger finger, simak pula cara mengatasinya seperti dikutip dari webmd.com pada Rabu (4/10/2023) :

1. Istirahat

Anda harus berusaha untuk tidak menggerakkan jari atau jempolnya. Anda perlu meluangkan waktu untuk menjauh dari aktivitas yang menyebabkan masalah. Jika Anda tidak bisa berhenti, Anda bisa mencoba sarung tangan empuk.

2.  Obat

Dokter Anda dapat memberi Anda obat yang dirancang untuk menjaga jari Anda tetap diam.

3.  Latihan Peregangan

Anda bisa latihan peregangan untuk mengatasi trigger finger. Gerakan lembut ini dapat meredakan kekakuan dan meningkatkan rentang gerak.

4.   Suntikan Steroid

Mereka mungkin memberi Anda suntikan steroid ke dalam selubung tendon. Ini dapat mencegah gejala Anda selama satu tahun atau lebih, tetapi Anda mungkin memerlukan dua suntikan untuk mendapatkan hasil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya