SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai krim pelembap. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui cara untuk mengatasi kulit kering agar kelembapan terjaga. Untuk menjaga kesehatan kulit, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Salah satu masalah ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menunjukkan gejala dari gangguan kulit lainnya seperti eksim (dermatitis atopik). Itulah sebabnya, penting menjaga kelembapan wajah agar sehat dan halus.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Sebelum tahu cara mengatasi kulit kering, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Kulit kering terjadi ketika wajah tidak memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Selain kering, kulit wajah yang tidak terjaga kelembapannya juga bisa terlihat kusam dan kasar, bahkan muncul ruam kulit.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor genetik, paparan udara panas kering atau dingin, terlalu sering mencuci muka, mandi air panas terlalu lama, kondisi medis tertentu, atau paparan bahan kimia tertentu. Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, misalnya obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Ada sejumlah cara untuk mengatasi kulit kering berikut ini seperti dikutip dari siloamhospitals.com pada Rabu (4/10/2023):

1. Menggunakan Pelembap Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering yang pertama adalah menggunakan pelembap wajah setiap hari. Penggunaan pelembap wajah disarankan untuk dilakukan sesaat setelah mencuci muka. Pelembap wajah berfungsi untuk meningkatkan penyimpanan cairan pada  kulit sehingga kelembapan kulit wajah menjadi lebih terjaga.

Pelembap wajah tak hanya perlu digunakan saat pagi dan siang hari, tetapi juga malam hari sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembap wajah jika sedang berada di daerah dengan suhu dingin. Pasalnya, suhu dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit turun dan memicu kulit kering.

2. Mencuci Muka dengan Air Dingin

Mencuci wajah dengan air hangat atau panas dapat menyebabkan kelembapan alami pada wajah hilang, sehingga kulit wajah akan semakin kering. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencuci wajah dengan air dingin. Kemudian saat mencuci muka, gunakan facial wash khusus untuk kulit wajah kering.

Hindari menggunakan sabun mandi untuk mencuci wajah. Pasalnya, kadar pH sabun mandi kurang cocok digunakan pada kulit wajah. Mencuci muka adalah perawatan paling mendasar yang dapat membantu mencegah masalah pada kulit wajah, jadi sangatlah penting untuk mencuci muka secara rutin minimal dua kali sehari.

Apabila ingin mengeringkan wajah setelah cuci muka, hindari menggunakan handuk berbahan kasar karena berpotensi merusak lapisan kulit dan menimbulkan iritasi. Gunakan handuk berbahan lembut dan tepuk-tepuk perlahan ke wajah.

3. Eksfoliasi Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya adalah melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Eksfoliasi merupakan cara untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit wajah kering. Eksfoliasi kulit wajah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, kimia, maupun alat khusus.

Bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan eksfoliasi adalah masker oatmeal dan madu. Sementara itu, eksfoliasi dengan bahan kimia bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan wajah yang mengandung AHA atau BHA.

4. Penuhi Nutrisi Kulit

Selain perawatan dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, D, E, Zink, dan asam lemak omega-3. Adapun beberapa contoh makanan yang dimaksud adalah ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, ubi manis, dan timun.

Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E, seperti jeruk, semangka, dan alpukat. Pasalnya, vitamin C dan vitamin E dapat membantu melembapkan kulit wajah dan melindunginya dari paparan radikal bebas. Konsumsi makanan yang mengandung kolagen, asam hyaluronat, ceramide, dan probiotik juga terbukti dapat membantu melembapkan kulit.

5. Menggunakan Krim Malam

Puncak regenerasi kulit terjadi di malam hari. Oleh karenanya, pemilik kulit wajah kering sangat disarankan untuk menggunakan krim malam agar proses regenerasi kulit semakin optimal. Namun, pastikan untuk memilih krim malam yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Pemilik kulit wajah kering sebaiknya menghindari penggunaan krim atau produk perawatan wajah lainnya yang mengandung terlalu banyak zat pewangi, alkohol, dan retinol.

6. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Salah satu cara alami mengatasi kulit wajah kering adalah menggunakan bahan-bahan alami, salah satu contohnya adalah dengan menggunakan masker alpukat. Pertama-tama, siapkan daging alpukat yang sudah dihaluskan, campurkan dengan minyak zaitun dan madu. Lalu, oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 10–15 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Selain alpukat, cara melembapkan kulit wajah yang kering secara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Oleskan sedikit gel lidah buaya pada area kulit wajah yang kering dan diamkan selama semalaman.

7. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih tidak hanya mencegah dehidrasi pada tubuh, tetapi juga dapat menjaga cadangan air pada kulit wajah sehingga dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit wajah kering. Jadi, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi minimal dua liter air putih setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya