SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencari makna kata di kamus. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui arti kata “skena” yang sering dipakai di TikTok. Skena menduduki peringkat sebagai salah satu kata atau bahasa gaul yang paling banyak dicari di mesin pencarian Google sepanjang tahun 2023.

Kata “skena” merupakan salah satu contoh dari istilah bahasa gaul yang diadaptasi dari bahasa Inggris, tepatnya kata “scene.”   Mencari definisi kata “skena” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak akan mendapatkan artinya karena kata ini tidak termasuk dalam daftar kata baku.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (29/12/2023), skena, yang berasal dari bahasa Inggris “scene,” mulai muncul pada era 1940-an. Istilah ini umumnya terkait dengan komunitas seni yang tidak biasa.

Jika kita menggabungkan bagian-bagian tersebut, akan terbentuklah kata “skena” yang sekaligus merupakan akronim dari ketiga kata tersebut. Apa sebenarnya arti kata dari akronim “skena” ini? Berikut ini penjelasannya:

1. Sua

“Sua” bermakna bertemu, berkenalan, dan berjumpa.

2. Cengkerama

“Cengkrama” mengandung arti berbicara untuk menyenangkan hati, bergurau, bercanda, dan juga menggambarkan perjalanan yang dilakukan untuk bersenang-senang.

3. Kelana

“Kelana” adalah merencanakan perjalanan tanpa tujuan yang pasti, atau yang sering disebut sebagai mengembara.

Dari penjelasan tersebut, kita bisa menafsirkan bahwa skena adalah sebuah komunitas atau kelompok orang yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Mereka senang berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar pikiran dengan suasana yang santai. Kelompok ini sering kali diasosiasikan dengan komunitas musik.

Sebagai contoh, bila seseorang memiliki minat dalam genre musik rock, mereka mungkin disebut sebagai bagian dari skena rock. Namun istilah skena ini memiliki arti yang berbeda dalam konteks TikTok.

Dalam dunia TikTok, istilah ini mengacu pada orang yang memiliki gaya berpakaian khas dan cenderung menyukai musik genre underground. Gaya busana orang yang tergolong sebagai bagian dari skena sering kali ditandai dengan menggunakan kaos oversize dengan berbagai tulisan kata-kata bijak atau logo yang populer.

Tidak hanya itu, pengguna yang tergolong sebagai skena juga sering kali terlihat menggunakan sepatu boot, membawa Macbook yang ditempeli berbagai stiker, dan menyukai musik dari aliran underground. Musik underground sendiri adalah jenis musik yang memiliki beberapa subgenre di dalamnya dan biasanya beroperasi secara indie.

Sebagai sebuah istilah, skena tidaklah memiliki konotasi negatif. Di sisi lain, kebanyakan anggota skena juga terkait dengan genre musik indie.

Bagi seseorang yang merasa tergolong sebagai bagian dari skena, ada beberapa ciri khas yang biasanya dapat diidentifikasi, di antaranya:

– Menggunakan kaos band atau kaos dengan tulisan kata-kata bijak.
– Memakai celana cargo atau baggy.
– Menggunakan kacamata.
– Memiliki piercing.
– Menggunakan sepatu boot atau sneakers yang sedang tren.
– Mengenakan gaya berpakaian ala-ala street style.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Arti Kata Skena yang Viral di TikTok dan Ciri-ciri Anak Skena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya