SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Di bawah ini terdapat bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilengkapi dengan latin dan artinya. Simak ulasannya di tentang Islam kali ini.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang tahun ini jatuh pada 28 September 2023 diperbolehkan oleh para ulama. Hal itu disampaikan Ustaz Abdul Somad kepada  jemaahnya pada saat acara Maulid Nabi Muhmmad SAW.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“[Memperingati] Maulid dalilnya ada. Maulid itu mensyukuri seperti mensyukuri selamatnya Nabi Musa. Abdul Somad ini ngambil dalilnya ngawur? Ini itu bukan saya yang buat-buat dalilnya itu yang berpendapat begitu adalah Al imam al-hafiz. Kalau sudah disebut Al Hafiz berarti hapalan hadisnya 300.000 hadis di kepalanya namanya Al Hafiz al-imam Ibnu Hajar al-asqalani,” ujarnya di depan para jemaah dikutip dari kanal YouTube Taman Surga Net pada Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut Ustaz Abdul Somad membagikan bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya  bisa cukup dengan berselawat.

“Saya nggak suka selawat yang pakai irama pakai lagu seperti Ustadz Abdul Somad ya nggak masalah selawat yang biasa aja. Saya nggak suka selawat yang pakai suara ganggu orang ya nggak masalah,” tuturnya.

Berikut ini kumpulan bacaan doa dalam bentuk selawat yang bisa dibaca ketika pada Maulid Nabi Muhammad SAW:

1. Selawat Al-Fatih

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim. Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan berkah kepada junjungan Nabi Muhammad saw, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

2. Selawat Munjiyat

Bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW berikutnya yaitu: Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar fa’una bihaa ‘indaka a’laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad, semoga Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

3. Selawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaiju wa tunaalu bihir roghoib. Wa husnul khowatimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi wa sahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan embusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

4. Selawat Ibrahimiyah

Bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW: Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shollaita ‘alaa sayyidina Ibraahim wa ‘alaa aali sayyidina Ibrahim, wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad, kama barakta ‘alaa Sayyidina Ibrahim wa ‘alaa aali sayyidina Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

5. Selawat Thibbil Qulub

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah Rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

6. Selawat Nabi Ta’dzhimul Qiyam

Bacaan doa Maulid Nabi Muhammad SAW berikutnya yaitu: Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallim

Artinya:  “Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya