SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah durian. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Agar tetap sehat dan aman, makan durian tentunya ada batasannya dalam sehari. Jika kebanyakan makan durian, ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan seseorang.

Buah yang lagi musim ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis legit sehingga jika terlalu banyak mengonsumsi durian bisa membuat berat badan bertambah. Selain itu, durian juga memiliki kandungan alkohol dan indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kandungan alkohol dalam buah durian sendiri tidak terlalu berdampak karena mudah sekali menguap. Namun, dalam mengonsumsi buah durian tentu ada takarannya agar tidak berlebihan.

Mengutip laman resmi Halodoc.com, batas aman makan buah durian tidak lebih dari 35 gram daging durian dalam satu kali makan. 35 gram setara dengan dua biji durian, bukan dua buah.

Agar tetap sehat dan menghindari efek berbahaya, pilihlah durian yang masih mengkal alias setengah matang. Kamu bisa mengenalinya dari daging buah durian yang masih agak keras. Namun tetap saja, sebaiknya makan durian tidak dilakukan terlalu sering dan berlebihan. Ada beberapa dampak kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi durian berlebih.

Sebagai informasi, durian kaya akan kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Hal ini membuat durian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sel darah merah, hingga menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, terdapat kandungan senyawa nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat dari buah durian.

Meski kaya kandungannya, Anda tetap disarankan untuk makan buah durian sesuai takaran atau batasannya tadi, yakni 35 gram daging durian sekali makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya