SOLOPOS.COM - Mencuci tangan merupakan salah satu cara mencegah penularan pneumonia. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kasus pneumonia di China sedang jadi perhatian dunia, ketahui cara mencegah agar Anda dan keluarga tidak tertular penyakit ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Pada definisinya, pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, paru-paru bisa terisi cairan, lendir, atau nanah sehingga menyebabkan batuk, dahak, demam, menggigil dan kesulitan bernapas.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Penyakit pneumonia bisa menyerang siapa saja bahkan lebih terjadi pada bayi, anak kecil, orang berusia di atas 65 tahun dan orang dengan kondisi kesehatan lain atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.  Tergantung pada jenis infeksinya, tanda dan gejalanya dapat berkisar dari ringan hingga parah.

Gejala ringannya seringkali mirip dengan flu atau flu biasa, nyeri dada saat bernapas atau batuk hingga sakit tenggorokan dan pembesaran kelenjar getah bening di leher.

Penyakit ini diklasifikasikan berdasarkan jenis kuman penyebabnya dan di mana seseorang tertular.  Ketahuilah menghirup organisme seperti bakteri dan virus atau jamur, asma, merokok, penggunaan ventilator, penyakit paru-paru progresif atau infeksi saluran pernapasan lainnya dapat menyebabkan pneumonia.

Berikut ini cara mencegah agar tidak tertular pneumonia dari China ini seperti dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (29/11/2023):

1. Praktikkan kebersihan yang baik seperti cuci tangan secara teratur sebelum dan sesudah makan dan melindungi diri dari infeksi saluran pernapasan.

2. Berhenti merokok dan terapkan kebiasaan sehat. Ingatlah, merokok dapat merusak pertahanan alami paru-paru terhadap infeksi pernapasan.

3. Berolahragalah secara teratur untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Berlatih yoga dan latihan pernapasan dalam untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4. Tidurlah secara teratur selama 7-8 jam dan istirahat yang cukup.

5. Konsumsilah makanan seimbang yang kaya buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, protein dan nutrisi, serta minum banyak cairan.

6. Dapatkan vaksinasi untuk mencegah beberapa jenis pneumonia setelah berkonsultasi dengan dokter.

Pastikan anak di bawah usia 2 tahun atau antara 2-5 tahun menerima vaksinasi pneumonia. Meskipun vaksin pneumonia direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Vaksin pneumonia ini juga sangat disarankan untuk individu berusia antara 19-65 tahun dengan kondisi diabetes melitus, kondisi pernapasan seperti asma atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), gangguan penggunaan alkohol, leukemia atau limfoma, penyakit jantung kronis, penyakit hati kronis, transplantasi organ padat dan bentuk imunosupresi lainnya.

7. Larangan penggunaan alkohol. Penggunaan alkohol melemahkan sistem kekebalan tubuh 20 dan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Cara Cegah Pneumonia Anak dan Orang Dewasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya