SOLOPOS.COM - Pakai kipas angin merupakan salah satu cara hadapi cuaca panas. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Heatwave atau gelombang panas adalah peningkatan suhu ekstrem di daratan, karena itu ketahui cara hadapi cuaca panas akhir-akhir ini tanpa pemakaian AC. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Peningkatan suhu ini dipengaruhi terutama oleh pemanasan global. Pada 2023, heatwave yang melanda seluruh bumi bahkan sampai mencetak rekor suhu tertinggi permukaan bumi. Dilansir dari Center for Climate and Energy Solutions (C2ES), pada 3–6 Juli 2023, suhu rata-rata permukaan bumi melebihi 17 derajat Celcius. Suhu ini menjadi yang tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Meskipun peningkatan suhu terjadi di seluruh permukaan, heatwave dispesifikasikan hanya untuk daratan luas atau benua, dengan suhu rata-rata harian melebihi 40 derajat Celcius selama lebih dari tiga hari. Dengan demikian, Indonesia tidak termasuk ke dalam negara yang terkena gelombang panas karena merupakan kepulauan.

Namun karena pemanasan global, suhu rata-rata harian di Indonesia turut meningkat seperti wilayah lain. Kondisi cuaca panas ekstrem ini tentu berdampak pada aktivitas harian dan kesehatan secara umum. Berlama-lama di luar ruangan saat suhu sedang tinggi bisa membuat Anda cepat lelah, merasa pusing, dan sakit kepala.

Bila tak punya pendingin ruangan, berikut ini cara hadapi cuaca panas ekstrem tanpa AC seperti dikutip dari MedicineNet, Minggu (30/7/2023):

1. Minum Banyak Air

Kondisi tubuh yang kepanasan akan cepat kehilangan cairan. Untuk itu, saat cuaca panas, sangat dianjurkan untuk meminum banyak air dan terus terhidrasi sepanjang hari. Setiap Anda berkeringat, Anda melepas cairan tubuh dan cairan itu harus segera diganti.

2. Berada di Lantai Dasar Rumah

Cara berikutnya hadapi cuaca panas ekstres tanpa AC adalah beraktivitaslah di lantai bawah rumah. Dalam rumah atau bangunan bertingkat, lantai atas akan lebih panas dibanding lantai dasar. Lantai atas lebih panas karena mendapat panas langsung dari matahari. Sedangkan lantai dasar mendapat pendinginan alami dari permukaan tanah.

3. Kurangi Sumber Panas

Meskipun di dalam rumah terlindung dari panas matahari langsung, panas masih bisa terpancar dari objek lain. Contohnya adalah lampu, komputer dan alat elektronik yang menyala, atau kompor dan alat masak lainnya. Mengurangi penggunaan benda-benda ini bisa membantu mengurangi panas di dalam ruangan.

4. Gunakan Air Dingin

Cara berikutnya hadapi cuaca panas ekstres saat Anda merasa terlalu gerah, Anda bisa mendinginkan tubuh segera dengan air dingin. Solusi ini memanfaatkan perpindahan panas dari tubuh ke air. Anda cukup merendam kaki dengan air, atau mengompres kepala dan pundak dengan handuk basah. Mandi dengan air dingin juga efektif menurunkan suhu dan menyegarkan tubuh secara cepat.

5. Hindari Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein adalah kandungan minuman yang bisa membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, mengurangi atau menghindari alkohol dan kafein sangat dianjurkan saat cuaca panas untuk mempertahankan cairan tubuh.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tips Bertahan di Cuaca Panas Ekstrem Tanpa AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya