SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita usia lansia bercermin. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui  cara merawat kulit wajah saat produksi kolagen menurun di usia 50 tahun. Di usia ini wanita biasanya memasuki fase perimenopause. Untuk menjaga kesehatan kulit, simak ulasannya di tips kecantikan.

Ditulis laman The Guardian,  dokter kulit dr. Sam Bunting mengatakan kolagen yang mulai hilang di wajah dapat memperburuk kemunculan jaringan jerawat. Maka itu dia memberikan tips setelah membersihkan wajah di pagi hari untuk menggunakan pra-pelembab atau serum yang mengandung asam azelaic dan asam salisilat.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Asam azelaic dan asam salisilat membantu memperbaiki sisa pigmentasi dan tekstur kulit, menghaluskan pori-pori dan mencerahkan kulit,” kata Bunting dikutip dari Antara pada Rabu (28/2/2024).

Cara berikutnya untuk merawat wajah saat produksi kolagen menurun adalah setelah melembapkan kulit, gunakan tabir surya dengan SPF30 atau lebih untuk mengimbangi efek UVA yang mengurangi kolagen, lalu gunakan primer.

Sang dokter merekomendasikan untuk menggunakan primer berbahan dasar silikon yang membantu mengisi lubang pori-pori. Begitu juga dengan tabir surya, gunakan produk yang menghasilkan tampilan matte alias tidak berminyak.

Cara merawat wajah berikutnya setelah kolagen menurun adalah penggunaan retinoid pada malam hari. Langkah ini dapat mendukung produksi kolagen dan meminimalkan bekas luka.

Formulasi alas bedak dan bedak yang lebih ringan dan mudah diaplikasikan adalah yang terbaik. Aplikasikan dengan sikat serat duo untuk mendorong produk ke dalam celah-celahnya.

Hindari penggunaan bronzer karena bisa membuat tampilan tidak terlihat rata. Bunting menyarakan untuk berkonsultasi kepada profesional medis yang memiliki spesialisasi jaringan parut jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya