SOLOPOS.COM - Sejumlah pegiat dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggelar aksi mendukung pembebasan Palestina di halaman Kedubes Palestina, Jakarta, Kamis (2/11/2023). Dalam aksinya mereka menyerukan penghentian perang antara Palestina dan Israel guna mencegah jatuhnya lebih banyak korban. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Solopos.com, SOLO — Muncul di media sosial soal jika Palestina merdeka, kiamat semakin dekat dan hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari publik, benarkah demikian?

Pendapat ini muncul bermula dari narasi ketika khilafah tiba di Baitul Maqdis, yakni Yerussalem atau Palestina, maka akan muncul gempa bumi, bencana besar, hingga hari kiamat pun semakin dekat. Hal tersebut tercantum dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud berikut ini, sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Kami diberitahu oleh Ahmad bin Salih, yang diberitahu oleh Asad bin Musa, yang diberitahu oleh Muawiyah bin Salih, yang memberi tahu saya, bahwa Ibn Zughb al-Iyadi mengisahkan kepada saya, ia berkata: ‘Abdullah bin Hawala al-Azdi datang kepadaku dan berkata: ‘Rasulullah SAW mengutus kami untuk menjarah dengan harapan mendapatkan harta rampasan, tetapi kami kembali tanpa berhasil mendapatkan apa pun. Kemudian, Rasulullah SAW melihat kelelahan yang terpancar di wajah kami, lalu berdiri di tengah-tengah kami dan berdoa: ‘Ya Allah, janganlah Engkau menimpakan beban kepada mereka yang mereka tidak sanggup memikulnya. Dan janganlah Engkau menimpakan beban kepada diri mereka sendiri sehingga mereka menjadi lemah. Dan janganlah Engkau menyerahkan mereka kepada orang-orang lain sehingga orang lain akan memanfaatkan mereka.’ Kemudian, Rasulullah SAW meletakkan tangannya di atas kepalaku, atau dia mungkin mengatakan ‘hamah’ (leher/kepala), lalu dia berkata: ‘Wahai Ibn Hawala, ketika kamu melihat khilafah telah turun ke Baitul Maqdis (Yerusalem), maka saat itu akan mendekat gempa bumi, bencana besar, dan masalah besar. Pada hari itu, saat Kiamat akan lebih dekat bagi manusia daripada jarak ini antara tanganku dan kepalamu.’ Abu Dawud berkata: ‘Abdullah bin Hawala adalah dari Homs.’” (HR. Abu Dawud).

Lalu, benarkah jika Palestina merdeka, kiamat semakin dekat?

Dalam kitab Syarh Sunan Abi Dawud, Syuaib Al-Arnaout menyebutkan hadis tersebut lemah. Hal tersebut disinyalir dari perawi-perawi dalam rantai riwayat hadis ini menimbulkan keraguan. Muawiyah bin Salih, meskipun dianggap sebagai perawi yang kuat, terlibat dalam beberapa riwayat hadis yang mencurigakan, yang mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap hadis ini.

Hal tersebut disinyalir dari perawi-perawi dalam rantai riwayat hadis ini menimbulkan keraguan. Muawiyah bin Salih, meskipun dianggap sebagai perawi yang kuat, terlibat dalam beberapa riwayat hadis yang mencurigakan, yang mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap hadis ini.

Terkait apakah benar kiamat semakin dekat jika Palestina merdeka, Muhammadiyah mengatakan kiamat merupakan hak dari Allah SWT dan hanya Sang Pencipta yang tahu.

Oleh karena itu, kemenangan dan kemerdekaan Palestina bukan pertanda semakin dekatnya Kiamat. Kiamat hanya akan terjadi dengan izin Allah, cepat atau lambat, Tidak perlu bagi kita untuk berspekulasi tentang waktu kiamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya