SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat gerhana bulan. (Freepik.com)

Solopos.com. SOLO — Batas waktu salat duha membuat penasaran umat Islam lantaran banyak dari mereka yang melakukan salat sunah tersebut mendekati waktu zuhur.

Salat duha merupakan salat sunah yang dikerjakan pada waktu duha, yakni ketika Matahari terbit hingga terasa panas menjalang salat zuhur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ibadah sunah satu ini minimal dilaksanakan dua rakaat dan yang baik adalah empat rakaat. Namun, menurut Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, jumlah rakaat yang paling utama, yakni delapan rakaat.

Menurut NU, salat duha sebaiknya dilakukan setelah melewati seperempat hari. Artinya, jika satu hari 12 jam, terhitung dari pukul 05.00-17.00 dibagi empat, maka salat duha sebaiknya dilakukan pada seperempat kedua dalam sehari, yakni sekitar pukul 09.00 pagi. Lalu, sampai kapan batas waktu umat muslim bisa melaksanakan salat duha?

Dari penjelasan Syekh Hasan bin ‘Ammar, NU menyebut waktu antara terbit Matahari hingga tergelincir terbagi menjadi tiga waktu. Pertama, adalah waktu dhohwah, yaitu dimulai dari terbitnya Matahari hingga naik setinggi satu tumbak. Kedua, adalah waktu duha, dimulai dari Matahari setinggi satu tumbak hingga waktu istiwa (Matahari tepat di atas langit) dan ketiga adalah waktu dhaha, yaitu dimulai dari waktu istiwa hingga waktu tergelincir.

Dari informasi tersebut, dapat dilihat ada waktu terlarang umat muslim untuk melaksanakan salat duha, yakni setelah salat subuh hingga Matahari dalam fase terbit. Kemudian, ketika memasuki waktu zuhur hingga Matahari tergelincir ke arah barat.

Sehingga batas aman untuk melaksanakan salat duha yakni antara pukul 08.00-11.00 pagi.

Selain memperhatikan batas waktunya, umat muslim juga merujuk pada jadwal imsakiah yang dikeluarkan Kemenag RI. Di jadwal tersebut tercantum waktu syuruq atau waktu terbit Matahari. Caranya, waktu terbit Matahari tersebut ditambah 15-20 menit, maka itulah waktu terbaik salat duha.

Bisa juga menggunakan cara lain, yakni melihat bayangan suatu benda. Jika panjang bayangan sudah sama dengan tinggi badannya, maka masuklah waktu duha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya