SOLOPOS.COM - Ilustrasi membaca Al-Qur'an di HP. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Hukum membaca Al-Qur’an di HP tanpa wudu ini wajib diketahui umat Islam mengingat sekarang banyak yang mempunyai aplikasi Al-Qur’an online di ponsel mereka.

Dengan semakin canggihnya teknologi, kini untuk membaca Al-Qur’an bisa melalui HP, yang aplikasinya bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tentunya hal tersebut sangat memudahkan umat muslim untuk tadarus sehingga enggak perlu menentang-nenteng kitab Al-Qur’an ke mana pun pergi.

Menurut pakar tafsir Indonesia, Prof Quraish Shihab, Al-Qur’an terus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi, mulai dari piringan hitam, kaset, video, hingga aplikasi di telepon genggam seperti saat ini. Sehingga hukum membaca Al-Qur’an di HP tidak dipermasalahkan, lalu bagaimana jika tanpa didahului dengan wudu?

“Semua itu selama bacaannya benar maka tidak dipermasalahkan apakah dengan melalui kaset mendengarnya, melalui hp (handphone) dan sebagainya. Saya kira sama saja,” jelasnya, dilansir laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Terkait dengan hukum membaca Al-Qur’an di HP tanpa didahului dengan wudu, menurut NU diperbolehkan. Hal ini dikarenakan umat muslim tidak bersentuhan langsung dengan huruf-huruf Al-Qur’an secara langsung. Namun, wudu juga bisa dilakukan sebagai bentuk penghormatan Al-Qur’an yang ada di HP.

Mengutip penjelasan di laman Laduni.id, hal tersebut juga dijelaskan dalam kitab Mauqi’ul Islam, Sual wa jawab berikut ini.

Handphone atau smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushhaf. Oleh karena itu, boleh memegangnya dalam keadaan hadas dan juga boleh membawanya ke dalam toilet. Ini disebabkan tulisan Al-Qur’an yang tampak di HP/smartphone tidak seperti tulisan dalam mushaf, tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan merupakan huruf yang tetap. Lebih dari itu, dalam HP/smartphone terdapat banyak program atau data selain Al-Qur’an.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya