SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ketika membeli kendaraan baru, baik itu sepeda motor maupun mobil, umat Islam sudah sepatutnya bersyukur kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Sebagai bentuk wujud nikmat rezeki yang diberikan Allah SWT, umat muslim harus banyak mengucapkan syukur kepada-Nya. Rezeki yang datang pun banyak macamnya, bisa berupa kesehatan, panjang umur, hingga materi untuk membeli kendaraan baru.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Bagi umat muslim yang mampu membeli kendaraan baru tentu ada perasaan senang dan gembira. Namun, di balik perasaan tersebut sudah sepatutnya untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT.

Bentuk bersyukur memiliki kendaraan baru tersebut bisa diwujudkan dengan doa. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), anjuran membaca doa ketika memiliki kendaraan baru tersebut tertuang dalam penjelasan Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Azkar berikut.

“Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, ‘Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.”

Nah, berikut ini lafal doa ketika mampu membeli kendaraan baru, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Allaahumma innii as’aluka khairahuu wa khaira maa jubila alaih. Wa a‘uudzubika min syarrihii wa syarri maa jubila alaih.

Artinya: Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya

Doa memiliki kendaraan tersebut dibaca dengan memegang bagian depan mobil atau sepeda motor yang baru saja dibeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya