SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyimpan daging kurban di kulkas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Cara menyimpan daging kurban di kulkas sebenarnya hampir sama dengan menyimpan daging yang dibeli di pasar.  Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Di Hari Raya Iduladha, sebagian orang saat menerima daging kurban tidak langsung dimasak, melainkan disimpan untuk beberapa waktu sebagai stok.  Namun perlu diketahui pula bahwa daging bisa mudah busuk jika disimpan dengan cara salah.

Promosi Berkat KUR BRI, Zialova Batik Jadi Produsen Fashion Lokal Favorit di Pekalongan

Nah agar daging kurban bisa awet dan tahan lama, ketahui cara menyimpan yang benar di kulkas berikut ini seperti dikutip dari halodoc.com pada Kamis (29/6/2023):

1. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Daging

Perlu diketahui, kuman-kuman dan mikroba penyebab penyakit atau patogen, bisa pindah dan berkembang biak dengan mudah di daging. Maka itu penting untuk membiasakan cuci tangan sebelum memegang daging segar, sebelum diletakkan di tempat penyimpanan.

Hindari juga meletakkan daging di tempat kotor, seperti di wadah kotor apalagi di tanah. Apabila daging sudah terkontaminasi, mereka akan berkembang biak hingga membusuk dalam waktu singkat.

2. Simpan Tanpa Dicuci

Cara menyimpan daging kurban di kulkas berikutnya adalah hindari mencucinya terlebih dahulu jika kamu menerima daging dalam kondisi bersih. Namun jika daging dalam kondisi kotor, segera cuci dan dimasak/direbus. Kemudian saat akan mengolah untuk dimasak, daging yang disimpan harus dicuci terlebih dulu.

3. Marinasi Daging Sebelum Disimpan di Freezer

Memarinasi atau membumbui daging kurban sebelum disimpan di dalam freezer bisa jadi cara yang baik.  Hal ini juga akan membuat daging tahan lama saat disimpan. Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kunyit, garam, gula, dan bawang. Sebab bumbu tersebut mengandung zat antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri pada aging.

4. Letakkan Daging di Wadah Tertutup

Cara berikutnya untuk menyimpan daging kurban di kulkas agar tidak cepat busuk adalah letakkan di wadah tertutup. Daging mentah tanpa pengawet biasanya hanya bertahan selama 3 hari di kulkas. Sebaiknya simpan daging dalam pembungkus atau wadah kedap udara. Tapi jangan lupa untuk memberi label tanggal sebelum disimpan ke dalam freezer.

Menyimpan daging dalam freezer akan mempertahankan kesegaran daging dengan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu aktivitas enzim yang menyebabkan pembusukan juga berlangsung lebih lambat. Perlu diketahui juga, daging mentah yang dibekukan dalam freezer dapat disimpan selama 4 sampai 12 bulan, asalkan dikemas atau disimpan dalam wadah kedap udara.

5. Sesuaikan Suhu Freezer

Menurut Food and Drug Administration (FDA), daging harus disimpan dalam dalam suhu minus 18 derajat Celcius dalam freezer.

6. Jangan Bekukan Lagi Daging yang Sudah Dicairkan

Melansir NHS, setelah daging dikeluarkan dari kulkas, harus langsung diolah supaya tidak ada sisa yang harus dibekukan lagi. Perlu dicermati, membekukan daging mentah yang sudah dicairkan justru akan membuat kualitas daging menurun. Selain itu, daging juga jadi cepat busuk.

Itulah sebabnya, sebelum memasukkan daging ke kulkas sebaiknya daging sudah dipotong-potong. Sehingga kamu bisa mengambil daging sesuai kebutuhan yang akan dimasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya