SOLOPOS.COM - Upacara bendera dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di Alun-alun Kota Madiun, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, SOLO — Salah satu agenda dalam mengisi acara HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 di kampung-kampung maupun sekolah adalah dengan pidato yang berbagai contoh teksnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Pidato dalam memperingati hari besar Bangsa Indonesia itu biasanya disampaikan oleh tokoh kampung setempat maupun kepala sekolah di institusi pendidikan. Pidato biasanya dibacakan ketika upacara bendera maupun acara-acara tertentu untuk memeriahkan HUT RI ke-78.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam pidato yang disampaikan, biasanya berisi pesan-pesan kemerdekaan dan semangat juang warga Indonesia untuk memaknai Hari Merdeka. Selain itu, pidato yang disampaikan biasanya sejalan dengan tema HUT RI ke-78, yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Nah, berikut ini terdapat beberapa contoh teks pidato 17 Agustus yang disampaikan di kampung maupun sekolah dalam rangka HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023, yang Solopos.com kutip dari laman resmi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan Kampunginggris.co.

Contoh Pidato 17 Agustus di Kampung

Selamat pagi, salam sejahtera bapak, ibu, dan teman-teman terkasih. Pada hari, 17 Agustus 2023, negara kita merayakan ulang tahun kemerdekaan ke 78. Setiap tahun di tanggal 17 Agustus negara kita merayakan upacara untuk memeriahkan hari Kemerdekaan. 17 Agustus merupakan hari di mana rakyat Indonesia bergembira untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Seiring waktu, negara kita pun semakin berkembang tiap tahunnya. Kita semua beruntung bisa berkumpul pada hari ini karena jasa-jasa pahlawan yang telah membela Negara kita sejak puluhan tahun lalu. Masih ingatkah kalian siapa nama-nama pahlawan yang telah membantu untuk membebaskan Indonesia dari penjajahan? Ada banyak sekali pahlawan-pahlawan dari berbagai daerah yang rela mati demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah Bung Karno.

Taukah kalian siapa itu Bung Karno? Bung Karno adalah presiden pertama Negara Indonesia. Bung Karno merupakan sosok penting dalam perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya. Tentu saja Bung Karno di bantu oleh teman-temannya. Mereka berusaha keras untuk melepaskan Indonesia dari bangsa penjajah. Kemerdekaan negara tidak akan pernah bisa didapat hanya dengan malas-malasan sepanjang hari. Kemerdekaan Indonesia tidak akan bisa terwujud hanya dengan mengandalkan satu atau dua orang saja. Kemerdekaan Indonesia diraih dengan kerja keras. Kemerdekaan Indonesia terwujud berkat bersatunya tekad dan tindakan dari seluruh rakyat Indonesia di seluruh daerah.

Bapak, ibu, dan teman-teman yang terkasih,

Mengingat kembali bagaimana usaha para pahlawan kita untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sudah sepantasnya sekarang kita sebagai bangsa Indonesia dapat menghargai dengan mengisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sehingga kita dapat ikut berpartisipasi dalam hari kemerdekaan.

Semangat Nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, namun hal yang paling penting bagi kita sebagai pelajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak hanya malas-malasan. Kita sebagai pelajar sudah dimudahkan oleh berbagai macam teknologi dan internet. Hal tersebut bisa membawa dampak positif dan juga dampak negatif bagi kita. Dampak positifnya, kita bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan juga informasi. Kita bisa belajar banyak hal dari internet, mulai dari pelajaran sejarah, biologi, matematika, fisika, ilmu sosial, dan juga bahasa asing. Namun hal tersebut juga bisa membawa dampat negatif seperti terlalu lama bermain game dan juga media sosial. Itu semua membuat kita menjadi malas. Oleh karena itu, teman-temanku yang terkasih, marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita, sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Bapak, ibu, dan juga teman-teman terkasih,

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan di hari yang berbahagia ini, semoga apa yang telah saya sampaikan hari ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga juga di tahun ini, tahun ke 78 Indonesia bisa melaju ke negara maju. Terimakasih atas perhatiannya.

Pidato 17 Agustus di Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Innalhamdalillah nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh wana’udzubillahi min shururi anfusina waminsayyi’ati a’malina ….

Yang saya hormati pimpinan sekolah, para guru dan karyawan

Yang saya cintai dan saya banggakan para siswa sekolah

Marilah kita haturkan puji dan syukur kepada Allah SWT, pagi yang cerah ini kita diberi nikmat oleh Nya hadir di halaman sekolah mengikuti upacara pengibaran bendera pada HUT ke-78 Republik Indonesia.

Sholawat serta salam semoga tetap tersanjungkan kepada panutan kita Rasulullah Muhammad SAW, yang senantiasa mengajarkan kita untuk menjadi insan yang berakhlakul karimah.

Bapak/Ibu dan anak-anakku sekalian, pada 78 tahun yang lalu atas izin Allah SWT, dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi, mengibarkan sang saka merah putih dan menyatakan kemerdekaan serta kedaulatan bangsa, lalu lahirlah Indonesia merdeka.

Perjuangan meraih kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh melupakannya. Kita harus terus bergerak dan melangkah melanjutkan perjuangan negeri ini di era kemerdekaan. Khususnya di tahun ini. Tahun dimana Indonesia yang baru bangkit dari ujian Allah berupa pandemi Covid 19. Tahun ini kita bangsa Indonesia terus bergerak ke depan, menata diri dengan semangat Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Sejak 2021 kita mengmpliemtasikan kurikulum baru yang insyaallah lebih baik dan lebih berpihak kepada siswa dam proses pembelajaran yakni implementasi kurikurum merdeka. Ada banyak platform pembelajaran yang mudah-mudahan dalam implementasikan di sekolah bisa secara cepat mendorong siswa belajar lebih baik dan lebih sesuai dengan tumbuh kembang dan kemampuan berpikir setiap siswa.

Bapak Ibu dan hadirin sekalian, kemerdekaan yang sesungguhnya sekarang ini adalah, bagaimana kita bisa melaksanakan hal-hal baik dan bermanfaat, yang berimbas pada kembalinya kondisi yang aman dan nyaman ketika berada di rumah maupun di luar rumah, di sekolah dan di manapun kita beraktivitas.

Bapak Ibu sekalian dalam masa pemulihan ini, tidak berarti kita bisa serta merta mengubah kondisi yang lebih baik dengan cepat karena di luar sana banyak terjadi hal-hal yng tidak kita inginkan, masih ada banyak masalah yang harus diselesaikan seperti penganiayaan, terjadinya degradasi moral generasi tua dan generasi muda; maraknnya perselisihan sampai pada kekerasan fisik yang beredar di media sosial; maraknya korupsi dan sebagainya. Maka warga sekolah ini harus mengindari hal-hal tersebut dan harapan kita justru bisa menjadi problem solver atau bagian dari pemecah masalah.

Oleh karena itu, kita sebagai warga sekolah marilah kita tunjukkan kepada semua bahwa siswa siswi sekolan ini juga sedang mengisi kemerdekaan. Mari kita isi kemerdekaan negara ini dengan selalu belajar, berbuat baik, dan memberi manfaat kepada sesama, memberi manfaat kepada bangsa dan negara, melalui prestasi dan karya-karya terbaik.

Kita juga konsen dalam menjaga nilai-nilai Pancasila dengan berusaha mewujudkan profil pelajar Pancasila. Hal ini sangat sesuai dengan visi atau citacita sekolah kita. Sebagaimana visi sekolah kita menjadikan sekolah unggul dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai Islam, yang semua itu sangat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.



Anak-anakku sekalian; bangsa ini sangat mengaharapkan keberadaan kita saat ini. Karena kelak yang memimpin negara ini adalah anak-anakku yang sedang berdiri di hadapan kami, bapak Ibu guru karyawan. Maka siapkan diri kalian dari sekarang di sekolah kita tercinta. Untuk menjadi pemimpin bangsa , menjadi bagian penting negeri ini di era Indonesia Emas 2045. Aamiin.

Demikian yang saya sampaikan di upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI. Semoga Allah senantiasa meridhoi dan melancarkan ikhtiar kita mengisi kemerdekaan negara RI. Merdeka 3 X.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya