SOLOPOS.COM - Ilustrasi lomba memeriahkan HUT RI pada 17 Agustus. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Untuk memeriahkan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023, berbagai ide lomba di bawah ini bisa dicoba di sekolah, kampung, maupun area perkantoran.

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan, berbagai kegiatan bisa dilakukan. Mulai dari jalan santai, panggung hiburan, malam tirakatan, hingga perlombaan seru untuk anak-anak, ibu-ibu, hingga bapak-bapak.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Adapun lomba yang kerap dilaksanakan di kampung, sekolah, maupun area perkantoran di antaranya balap karung, makan kerupuk, memukul air, tarik tambang, balap kelereng, hingga panjat pinang.

Nah, bagi kamu yang sedang mempersiapkan lomba 17 Agustus untuk memeriahkan HUT RI ke-78, berikut ini terdapat beberapa ide menarik dan kreatif yang bisa dicoba.

Ide Lomba 17 Agustus HUT RI ke-78

1. Estafet Karet dengan Sedotan

Lomba estafet karet dengan sedotan ini bisa menjadi inspirasi yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah, perkantoran, maupun perkampungan. Bahannya yang dibutuhkan juga cukup murah dan mudah ditemukan, yakni karet dan sedotan.

Untuk mengikuti lomba ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kemudian beri masing-masing dari mereka sedotan yang bisa digigit. Berikan satu karet kepada peserta paling ujung, dan minta setiap kelompok untuk menyalurkannya ke teman sekelompok hingga ujung.

Kelompok yang menang adalah yang paling cepat membuat karet berada di peserta paling ujung, jika karet jatuh harus ulang lagi dari peserta paling depan.

2. Lomba Cerdas Cermat

Ide lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 adalah cerdas cermat. Lomba ini bisa diikuti dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kamu bisa memberikan soal-soal yang tak jauh dengan sejarah Hari Kemerdekaan RI, termasuk soal beberapa pahlawan RI dan juga dua proklamator RI, Soekarno dan Bung Hatta.

3. Lomba E-Sport

Tak kalah asyik, kamu juga bisa menggelar lomba e-sport untuk memeriahkan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023. Apalagi belakangan ini e-sport atau gim daring ini banyak digandrungi masyarakat, mulai anak-anak hingga dewasa.

4. Lomba Memindahkan Air dengan Spons

Ide lomba selanjutnya yang bisa dicoba untuk memeriahkan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 adalah memindahkan air dengan spons.

Lomba ini diikuti perorangan dan kamu cukup menyiapkan beberapa alat dan bahan saja, yakni air, baskom, dan spons. Teknisnya, peserta lomba diminta untuk memindahkan air dari satu baskom ke baskom lainnya yang diberi jarak sekitar 10 meter dengan menggunakan spons. Jumlah air terbanyak yang berhasil dipindahkan bisa menjadi pemenang dalam lomba ini.

5. Lomba Make Up dengan Mata Tertutup

Ide lomba 17 Agustus yang bisa dicoba adalah make up dengan mata tertutup. Minta ibu-ibu untuk menutup matanya dengan kain. Kemudian, ibu-ibu tersebut bisa merias bapak-bapak dengan makeup yang telah disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya