SOLOPOS.COM - Alpukat merupakan salah satu makanan yang bisa membantu mengisi energi tubuh di pagi hari. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengisi energi tubuh yang kurang setelah bangun tidur pagi. Makanan yang cocok untuk dikonsumsi adalah makanan utuh yang alami, dimana ia akan membuat tubuh merasa berenergi. Simak ulasannya di tips sehat ini.

Setelah tidur selama semalaman semua orang pasti mengharapkan bangun dipenuhi energi yang baru untuk melanjutkan aktivitas setiap harinya. Namun banyak orang mengeluh merasa lelah ketika bangun tidur di pagi hari.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Alasan hal ini terjadi kemungkinan dapat disebabkan oleh kualitas dan kuantitas tidur yang seseorang dapatkan tidak cukup, dan bagaimana seseorang mengisi energinya setiap hari.

Seperti dilansir dari healthline.com pada Jumat (17/5/2024) ada sejumlah beberapa makanan yang bisa membantu memberikan energi di pagi hari yaitu:

1. Alpukat

Alpukat dipenuhi dengan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang memberikan tubuh energi selama beberapa jam kedepan. Ia mengandung banyak serat yang mana menjaga gula darah tetap stabil sehingga dapat menghindarkan dari lonjakan gula dan diikuti dengan penurunan gula darah.

2. Semangka

Bahkan dehidrasi ringan pun dapat menyebabkan seseorang bangun tidur dengan kondisi yang tidak baik. Penting untuk mengisi pola makan dengan makanan yang mengandung banyak air seperti buah dan sayuran, dan semangka adalah salah satu sumber terbaik yang mengandung banyak air.
Buah yang lezat ini terdiri dari 90% air, memberikan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, serta mengandung asam amino L-citrulline yang dapat membantu mengurangi nyeri otot.

3. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu makana yang bisa memberikan energi pada tubuh di pagi hari. Almond adalah sumber protein berkualitas tinggi, serat, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Mereka kaya akan vitamin B yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, dan kaya akan magnesium yang membantu melawan kelelahan otot.

4. Pisang

Buah  kaya kalium ini mengandung serat yang cukup banyak, yang memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, dan menyediakan sumber magnesium serta vitamin B yang baik. Pisang matang menyediakan energi yang lebih mudah ditemukan dalam bentuk gula, dibandingkan dengan pisang yang belum matang.

5. Bayam

Bayam merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, zat besi, dan asam folat. Jumlah yang cukup dari vitamin dan mineral ini sangat penting untuk produksi energi. Khususnya, kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kelelahan yang signifikan.

6. Kurma

Selain rasa manisnya yang luar biasa, kurma mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan dorongan energi instan. Kurma adalah sumber yang baik dari kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

7. Telur

Satu butir telur mengandung protein berkualitas tinggi dan lemak sehat, yang mana pada kombinasi membuat kenyang dan memberikan energi sepanjang hari. Telur adalah sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12. Tak perlu khawatir akan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol dari makanan tidak berkorelasi dengan kolesterol dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya