SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah bergaya tropical. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Agar rumah terasa sejuk dan nyaman di tengah cuaca yang begitu panas, ternyata dalam Islam terdapat doanya.

Cuaca panas melanda beberapa daerah di Indonesia beberapa hari ini. Bahkan, cuaca panas tersebut bisa dibilang ekstrem. Tercatat pada Kamis (28/9/2023), suhu di Kota Solo, Jawa Tengah, mencapai 41 derajat Celcius. Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari, seperti bekerja maupun sekolah.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Di rumah sendiri, tentu cuaca panas ini bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman sehingga tidak betah berada di dalam rumah. Dalam Islam sendiri terdapat doa untuk mengatasi cuaca panas yang dijelaskan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online. Berikut ini bunyi doanya.

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maaliki yaumid diin. Laa ilaaha illallaahu yaf‘alu maa yuriid. Allahumma antallaahu. Laa ilaaha illaa anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqara`. Anzil ‘alainal ghaitsa waj‘al maa anzalta ‘alainaa quwwatan wa balaghan ilaa hiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Kau adalah Allah. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Kau Maha Kaya. Sementara kami membutuhkan-Mu. Maka turunkanlah hujan kepada kami. Jadikanlah apa yang telah Kauturunkan sebagai kekuatan dan bekal bagi kami sampai hari yang ditetapkan (HR Abu Dawud).

Sementara itu, untuk membuat rumah terasa sejuk, umat muslim bisa membaca doa berikut ini.

Allahummagfirlii zanbii wa wassi’ lii fii daarii wa barik lii fii rizqii.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah rumahku dan berkahilah rezekiku.

Demikian doa agar rumah terasa nyaman dan sejuk yang bisa dibaca setiap hari oleh umat muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya