SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Di sela-sela antara azan dan ikamah, umat Islam bisa membaca doa yang disebut-sebut sangat mustajab dan dijabah Allah SWT.

Waktu antara azan dan ikamah adalah waktu utama terkabulnya keinginan manusia. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT dengan berdoa.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan ikamah, maka berdoalah (kala itu).” (HR. Ahmad).

Lalu, apa doa yang bisa dibaca di antara azan dan ikamah?

Allahumma innii as-alukal-‘aafiyah fid-dunya wal-aakhirah.

Artinya: Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat.

Sebelum membaca di antara azan dan ikamah tersebut, umat muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan salat sunah dua rakaat. Selain doa di atas, umat muslim juga bisa bermunajat kepada Allah SWT dengan segala permohonan dan keinginannya disertai dengan berzikir.

Hal tersebut sesuai dengna penjelasan Syaikh Sholeh Al Fauzan yang tertera dalam laman resmi Rumaysho.com.

“Kebanyakan manusia malah meninggalkan doa antara azan dan ikamah. Mereka menyibukkan diri dengan tilawah Al-Qur’an. Tidak ragu lagi bahwa membaca Al-Qur’an adalah amalan yang mulia. Akan tetapi, tilawah Al-Qur’an bisa dilakukan di waktu lain. Menyibukkan diri dengan berdoa dan berzikir, itu lebih afdal (lebih utama). Karena doa yang dituntunkan pada waktu tertentu tentu lebih utama dari doa yang dipanjatkan di tempat lain.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya