SOLOPOS.COM - Ilustrasi manfaat es batu untuk wajah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Es batu pada umumnya ditambahkan pada minuman untuk menambah kesegaran, namun dipercaya es batu ini juga bermanfaat untuk mata bengkak dan jerawat. Untuk merawat kesehatan kulit wajah, simak ulasannya di tips sehat ini.

Banyak yang mengatakan bahwa es batu bermanfaat untuk meredakan sakit pada tubuh dan mengurangi bengkak sehingga mempercpat penyembuhan.
Meski banyak yang mengatakan demikian, namun belum ada penelitian klinis yang pasti mengatakan apakah mengusapkan es batu pada wajah dapat mengatasi kondisi ini, dilansir dari healthline.com pada Senin (6/5/2024).

Promosi KUR BRI Bantu Usaha Kayu Rotan di Malang Bangkit dari Krisis

Meski begitu mengusapkan es batu pada wajah dipercaya bermanfaat membantu beberapa keluhan yang sering dialami banyak orang. Beberapa hal tersebut seperti mata bengkak dan jerawat.

American Academy of Ophthalmology menyarankan bahwa seseorang dapat mengurangi kantung di bawah mata dengan mengompres area tersebut dengan tekanan ringan selama 15 hingga 20 menit. Cobalah menggabungkan terapi es dengan antihistamin atau obat anti-inflamasi untuk mengatasi mata bengkak.

Lalu untuk permasalahan jerawat, para pendukung gagasan penggunaan es pada kulit untuk mengobati jerawat menyarankan bahwa ini dapat melambatkan peradangan dan meminimalkan pori-pori kulit untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Jika ingin mendapatkan manfaat es untuk mengatasi jerawat, sebaiknya sering-sering mengganti es dan pembungkusnya untuk menghindari penyebaran bakteri dari satu bagian wajah ke bagian lainnya. Selain itu es juga sebaiknya tidak menggantikan rutinitas perawatan kulit seseorang.

Para pendukung gagasan ini menyarankan penggunaan es batu yang terbuat dari air atau minuman berkafein seperti teh atau kopi. Menurut penelitian lama dari tahun 2013, kafein dapat menembus kulit dan meningkatkan peredaran darah.

Beberapa pendukung penyembuhan alamiah menyarankan untuk mengganti air dalam es dengan bahan lain, seperti lidah buaya dan teh hijau. Menurut Dendy Engelman, MD, FAAD, dokter spesialis kulit yang bersertifikat dan ahli bedah Mohs di Klinik Shafer Fifth Avenue, menjelaskan bahwa ini adalah tren yang melibatkan penggunaan terapi dingin pada kulit.

“Pada dasarnya, ini melibatkan secara lembut menggosok es atau alat penggulung es di wajah Anda dalam gerakan melingkar sebagai bagian dari regimen perawatan kulit harian Anda,” kata Engelman.

Renée Rouleau, seorang estetikawan di Austin, menjelaskan bahwa penggunaan es pada kulit juga dapat bertindak sebagai perawatan yang akurat untuk jerawat. Tak peduli dalam kondisi seperti apa wajah, para ahli memberikan pandangan tentang bagaimana es yang baru keluar dari freezer, terutama jika dicampur dengan teh hijau, kafein, atau susu dapat membantu meningkatkan peredaran darah, meminimalkan pori-pori, dan meredakan peradangan untuk kulit yang bersih dan bercahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya