SOLOPOS.COM - Ilustrasi susu. (freepik)

Solopos.com, SOLO-Tahukah kamu apa kandungan susu kuda liar Sumbawa? Simak penjelasan berikut ini.

Susu yang banyak terdapat di Pulau Sumbawa ini kaya akan nutrisi yang bahkan diperkirakan hampir setara dengan kandungan air susu ibu atau ASI sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Proses pengolahan susu dan peternakan kuda liar banyak terdapat di Bima, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Produk susu ini masih sulit ditemukan di luar Pulau Sumbawa. Oleh karena itu, susu kuda liar telah menjadi produk minuman yang khas di pulau tersebut dan banyak diminati oleh para wisatawan.

Selain karena manfaatnya, hal yang menjadi daya tarik susu kuda liar adalah memiliki zat antimikroba alami yang diyakini membuatnya tahan di suhu ruangan selama berbulan-bulan. Ini berbeda dari susu lainnya, seperti susu sapi atau susu kambing, yang bahkan sudah basi bila dibiarkan seharian di suhu ruangan.

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kuda liar memiliki tampilan yang lebih putih dan rasa yang lebih manis. Meski harganya relatif tidak murah, banyak orang yang mencari dan mengonsumsi susu kuda liar karena diyakini memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh.

 

Kandungan Gizi Susu Kuda Liar

Dikutip dari Alodokter, Di dalam 100 gram susu kuda liar terkandung 40 kalori dan beragam kandungan penting lainnya, yaitu:

 

  • 90 gram air
  • 2 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 5,5 gram karbohidrat
  • 37 gram kalium

 

Selain itu, susu kuda liar juga mengandung beta karoten, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), serta zat yang bersifat antibakteri dan antivirus.

 

Kelebihan dan Manfaat Susu Kuda Liar

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, ada banyak manfaat susu kuda liar yang dapat diperoleh, yaitu:

 

  1. Menggantikan susu sapi

Susu sapi mengandung banyak kasein yang sering memicu alergi susu. Sementara itu, susu kuda liar mengandung lebih banyak albumin yang ukurannya lebih kecil dari kasein dan cukup jarang menimbulkan alergi.

Susu kuda liar juga memiliki kandungan protein whey dan asam amino yang lebih tinggi daripada susu sapi. Kandungan vitaminnya pun tidak jauh berbeda. Karena berbagai alasan inilah susu kuda liar termasuk salah satu pilihan susu pengganti yang paling cocok bagi orang yang alergi terhadap susu sapi.

 

  1. Mengandung nutrisi yang mirip dengan ASI

Di antara susu dari berbagai hewan mamalia, susu kuda liar secara kimia diketahui paling mirip dengan ASI. Menurut riset baru-baru ini, kandungan protein pada susu kuda liar hampir setara dengan ASI.

Oleh karena itu, susu kuda liar juga bisa dijadikan sebagai pilihan susu pengganti ASI. Meski demikian, bayi yang hendak memperoleh susu selain ASI perlu mendapat anjuran terlebih dahulu dari dokter untuk mengetahui keamanannya.

 

  1. Melancarkan pencernaan

Susu kuda liar secara tradisional dikonsumsi oleh masyarakat di Bima, Pulau Sumbawa, untuk mengobati gangguan pencernaan, contohnya sembelit. Manfaat susu kuda liar ini diketahui berasal dari kadar air di dalamnya yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari susu sapi.

 

  1. Memperkuat imunitas tubuh

Konsumsi susu kuda liar juga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat ini didapat berkat kandungan zat di dalamnya yang mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Dengan begitu, tubuh pun tetap sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit infeksi.

Bahkan, susu kuda liar dipercaya menjadi salah satu asupan yang baik dan bergizi untuk orang yang menderita penyakit tertentu, seperti tuberkulosis, hepatitis C, asam urat, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan anemia.

Selain berbagai manfaat susu kuda liar di atas, susu ini juga secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Namun, berbagai manfaat ini sebenarnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.



Meski memiliki banyak kelebihan dan manfaat kesehatan, susu kuda liar sebaiknya hanya dikonsumsi secukupnya. Selain itu, pastikan pula kamu membeli susu kuda liar yang telah melewati proses sterilisasi atau pasteurisasi agar tidak mengandung banyak kuman yang justru bisa merugikan kesehatan.

Jika kamu rutin mengonsumsi susu kuda liar untuk memperoleh manfaatnya, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika kamu sedang menderita penyakit tertentu yang harus memperhatikan asupan makanan maupun minuman sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya