SOLOPOS.COM - Ilustrasi olahan daging sapi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kamu yang bingung hendak mengolah daging kurban, berikut ini sejumlah ide olahan daging sapi yang bisa kamu sontek. Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Saat Hari Raya Iduladha bisa jadi dapat pasokan daging melimpah. Tentu saja, semuanya tidak bisa sekaligus dimasak. Kamu perlu menyimpan sebagian untuk diolah di hari lain.

Promosi Kliring Berjangka Indonesia Gandeng BRI sebagai Bank Penyimpan Dana Margin

Namun jika stok terlalu banyak, bisa saja justru kehabisan ide masakan. Tidak perlu bingung, ada sejumlah olahan daging sapi yang bisa kamu contek berikut ini seperti dikutip dari finnafood.com pada Kamis (29/6/2023) :

1. Sop Daging Sapi

Ingin diolah jadi menu berkuah? Bisa banget! Di menu kedua ini kamu bisa mengolah daging kurban ini jadi sop daging sapi. Menu berkuah ini juga cocok untuk dinikmati dengan sambal bawang.  Kamu bisa menambahkan aneka sayuran seperti wortel, kentang, atau bahkan irisan sosis.

Gunakan panci presto dan rebus dagingnya bersama bawang putih, bawang merah, kayu manis, dan daun salam. Masak sampai empuk, lalu nikmati dengan sambal bawang.

2. Semur Daging Sapi

Olahan daging sapi berikutnya adalah semur. Semur daging sapi jadi menu ketiga yang bisa kamu masak di rumah. Hidangan ini punya rasa yang kompleks. Gurih, manis, dan pedas dari sambal bawang. Biar bumbunya bisa meresap dengan baik, kamu bisa gunakan daging bagian paha. Bagian paha atau sirloin memiliki karakter rasa yang sedap dan lebih juicy.

Kamu bisa memasaknya dengan durasi sekitar dua jam menggunakan api kecil. Lemak pada daging juga akan meleleh ke dalam kuah dan membuat rasanya jadi lebih gurih. Oh iya, sebaiknya hindari juga memotong daging terlalu tipis biar enggak kering saat dimasak.

3. Satai Goreng

Satai jadi menu khas Iduladha yangtak pernah terlewatkan. Biar tidak bosan, kamu bisa bikin satai yang beda dari biasanya yaitu satao goreng. Untuk membuat menu keempat ini kamu tidak memerlukan tusuk satai atau arang.   Daging sapi akan dilumuri campuran bumbu berupa bawang putih, ketumbar, kemiri, daun jeruk, gula merah, dan kecap.

Setelah dilumuri dengan bumbu, kamu bisa menumisnya dengan sedikit minyak dan bawang.  Tambahkan kecap manis dan sedikit air, aduk rata hingga bumbunya meresap. Terakhir, masukkan lada dan garam, lalu angkat dan siap deh untuk dinikmati dengan sambal bawang.  Biar lebih lengkap, tambahkan juga irisan kol dan tomat.

4. Iga Sapi Penyet

Iga sapi penyet merupakan alternatif olahan daging sapi berikutnya yang bisa jadi ide masakan. Daging sapi kurban juga bisa kamu olah jadi hidangan ala restoran kayak iga penyet. Tenang, cara buatnya juga tidak serumit yang kamu bayangkan, kok.

Ada tiga proses yang harus kamu lalui. Pertama, proses merebus daging iga bersama bumbu, daun jeruk, jahe, dan serai. Pada proses ini kamu bisa merebus daging iga menggunakan api kecil hingga empuk. Kedua, goreng iga yang udah dibumbui tadi hingga kecokelatan.  Ketiga, penyet iga di atas cobek dan lumuri dengan sambal bawang.

5. Dendeng Sapi Balado Sambal Bawang

Makanan khas Sumatra Barat ini dibuat dengan irisan daging sapi.  Daging akan digoreng kering dan disiram dengan pedasnya bumbu sambal bawang.
Perpaduan ke duanya sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang bersama keluarga.  Kamu bisa pilih bagian daging sapi gandik untuk dijadikan bahan.

Soalnya, bagian daging ini punya ukuran yang pas untuk dimasak jadi dendeng.  Gunakan api kecil sangat proses menggoreng agar dagingnya dapat renyah hingga ke dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya