SOLOPOS.COM - Ilustrasi meditasi untuk bicara dengan diri sendiri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada alasan mengapa positive self-talk atau bicara positif pada diri sendiri dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental dan berpengaruh di kehidupan Anda. Untuk menjaga kesehatan mental, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Pernyataan positif ketika diulang-ulang memiliki dampak mendalam pada pikiran kita.  Dikutip dari healthshots.com pada Rabu (7/2/2024) bahwa setiap harinya, mulai dari kita bangun dari tidur sebuah dialog dari dalam diri memberikan pengaruh pada pikiran kita, perasaan, serta aksi kita.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bagaimana kita berbicara pada diri sendiri mempengaruhi kepercayaan diri, bagaimana memutuskan sesuatu dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.  Baik itu mempertimbangkan berolahraga, menghadapi peluang baru, atau terlibat dalam interaksi sosial, percakapan yang kita miliki dalam diri kita dapat berdampak signifikan pada hidup kita.

Ketahui manfaat dari membiasakan rutinitas positive self-talk seperti dikatakan oleh psikolog dan seorang pelatih kesejahteraan emosional, Anisha Jhunjhunwala, berikut ini:

1.  Membangun kepercayaan diri dan rasa yakin pada diri sendiri

Self-talk yang positif membantu membentuk pola pikir yang positif, meningkatkan rasa percaya diri, dan memperkuat keyakinan diri. Ketika dihadapkan pada tantangan atau peluang, dialog internal yang mendukung dapat memberikan dorongan yang diperlukan untuk mengambil langkah-langkah berani dan mengatasi keraguan diri,” kata ahli tersebut kepada Health Shots.

2. Mengurangi stres dan kesejahteraan emosional

Manfaat positive self-talk adalah alat yang sangat kuat untuk mengurangi stres. Dengan merangkai ulang pikiran negatif dan fokus pada solusi yang membangun, individu dapat mengelola stres dengan lebih efektif, yang dapat mengarahkan pada meningkatkan kesejahteraan emosional dan ketahanan.

3. Meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan

Menurut ahli tersebut kebiasaan percakapan diri yang sehat dapat membantu untuk berpikir yang lebih jelas dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan. Ketika individu terlibat dalam percakapan internal yang positif, mereka lebih baik dalam menilai situasi secara objektif dan membuat pilihan yang menyesuaikan pengalaman, berkontribusi pada pertumbuhan pribadi dan profesional.

4. Membentuk ketahanan diri

Manfaat positive self-talk yang positif berikutnya yaitu membentuk ketahanan diri. Ketahanan adalah komponen kunci dalam menghadapi tantangan hidup. Melalui afirmasi positif dan refleksi diri yang memanfun, percakapan diri yang sehat memberdayakan ketahanan. Ini memungkinkan individu pulih dari kesulitan, belajar dari pengalaman, dan beradaptasi dengan kesulitan dengan pandangan positif.

5. Memberikan dampak positif pada hubungan

“Cara kita berbicara kepada diri sendiri memengaruhi interaksi kita dengan orang lain. Percakapan diri yang sehat memupuk pendekatan yang positif dan empatik, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan mempromosikan hubungan yang lebih sehat. Ketika individu bersikap baik pada diri mereka sendiri, mereka lebih cenderung menyebarkan kebaikan tersebut kepada orang lain,” kata ahli tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya