SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan anak bermain di taman. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Praktisi psikologi anak usia dini lulusan Universitas Indonesia Aninda S.Psi M.Psi.T mengatakan dalam merawat bayi, seorang ibu perlu menerapkan pola asuh yang fokus pada aspek perkembangan anak sesuai dengan usianya yang disebut smart parenting. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

“Kalau di psikologi aspek perkembangan ada enam, fisik, motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Jadi memang perlu untuk terpenuhi semua aspeknya,” katanya dalam konferensi pers Smart Parenting bersama Baby Huki di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Aninda mengatakan smart parenting memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak sehingga maksimal dan sesuai dengan usianya. Selain itu, ibu juga bisa mempelajari karakter anak sehingga memudahkan ibu untuk merawat anaknya sesuai kepribadiannya.

Anak dengan pola asuh pintar juga bisa tumbuh menjadi anak yang bahagia karena kebutuhannya terpenuhi, meningkatkan IQ dan EQ yang baik secara kognitif dan sosial, dan memiliki kedisiplinan karena terbiasa tumbuh dengan rutinitas.

Tidak hanya pada anak, tapi smart parenting juga memiliki manfaat positif pada ibu yakni mengurangi stres karena pola asuhannya berdasarkan perkembangan dan karakter anak, bukan dibandingkan dengan sekitarnya.

“Secara tidak disadari menciptakan batasan dengan perfect mothers di media sosial dan semakin paham dengan kebutuhan diri sendiri yang bisa dicapai saat merawat anak,” tambah Aninda.

Smart parenting bermanfaat sebagai perjalanan seorang ibu agar tetap bisa memikirkan diri sendiri untuk melakukan self care. Dengan rutinitas yang terbangun dari pola asuh ini juga bisa meredakan ibu dari kelelahan mental.

Aninda juga mengatakan dengan pola asuh pintar, ibu dapat merawat anak dengan cara yang lebih modern dan lebih positif dibandingkan dengan pola asuh lainnya.

Ia juga membagikan tips menjalani pola asuh pintar dalam pengasuhan bayi yaitu membiasakan menyusui sambil bercerita, menggendong bayi sambil mendengarkan musik, mengajak bermain di depan cermin untuk meningkatkan kemampuan sosialnya, menstimulasi fisik dengan memijat, dan menyadari keunikan serta keistimewaan setiap bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya