SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketika sedang nyenyak tidur di malam hari dan terbangun oleh rasa sakit perut yang muncul maka tidur jadi tidak nyaman. Agar terhindar dari keluhan tersebut ketahui penyebabnya di info sehat kali ini.

Terbangun di malam hari karena sakit perut merupakan hal yang tidak umum. Untuk menghindari munculnya sakit perut di malam hari, ketahuilah penyebabnya pada info sehat kali ini. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Selain itu  terhadinya hal ini bisa jadi gejala umum pada berbagai kondisi.

Promosi Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

Dilansir dari healthline.com Jumat (24/5/2024) berikut ini beberapa penyebab sakit perut yang tiba-tiba pada malam hari yaitu:

1. Gas

Kebanyakan orang familiar terhadap gas perut dan gejalanya. Sakit perut merupakan salah satu gejala dari gas perut. Orang akan mengalami sakit tajam serta rasa sakit yang menusuk di perut dan abdomen bagian atas.

2. Iritasi saluran pencernaan

Penyebab lain sakit perut tiba-tiba di malam hari yaitu iritasi saluran pencernaan. Setiap orang dengan iritasi saluran pencernaan mengalami hal yang sangat berbeda-beda, namun banyak yang sesekali mengalami sakit perut atau  sakit di abdominal. Selain sakit perut, seseorang mungkin juga mengalami kembun, gas, diare, dan sembelit.

3. Mag

Sakit maag, kadang disebut tukak lambung, sering kali menyebabkan sakit perut seperti terbakar. Rasa sakitnya bisa bertambah parah saat perut seseorang kenyang atau saat ada asam lambung. Artinya, nyeri seringkali bertambah parah antara waktu makan dan malam hari.

4. GERD

GERD yang terjadi secara terkadang kemungkinan disebabkan oleh makan dan minum terlalu banyak, berbaring terlalu cepat setelah makan makanan yang mungkin menyebabkan GERD.

Ini termasuk makanan yang pedas, berbahan dasar tomat, manis, dan lain-lain. GERD kronis, atau GERD yang terjadi lebih dari sekali dalam seminggu, dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Masalah-masalah ini termasuk peradangan dan jaringan parut pada esofagus, pendarahan, dan tukak esofagus.

5. Batu ginjal

Batu ginjal juga merupakan salah satu penyebab sakit perut di malam hari. Sekali batu ginjal mulai bergerak dan memasuki ureter, seseorang mungkin mengalami nyeri tajam tiba-tiba di punggung. Nyeri tersebut dapat dengan cepat menyebar ke perut dan daerah abdominal.

Nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal akan bergeser dan berubah tempat serta intensitasnya saat batu bergerak melalui saluran kemih.

6. Flu perut

Jika seseorang tertular virus menular ini dari orang lain, mereka mungkin akan mengalami sakit perut, muntah, diare, mual, dan demam, serta gejala lainnya.

7. Keracunan makanan

Banyak orang yang mengalami keracunan makanan mengalami muntah, mual, diare, atau nyeri perut. Kebanyakan orang mengalami tanda dan gejala ini dalam beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi.

8. Masalah pada jantung

Meski terlihat tidak mungkin hal ini sangat langka namun gejala beberapa masalah pada jantung dapat termasuk sakit perut. Secara spesifik, orang-orang yang memiliki Myocardial Ischemia (kurangnya aliran darah ke otot jantung) dapat mungkin mengalami sakit perut.

Selain gejala jantung yang lebih umum seperti nyeri leher dan rahang, detak jantung cepat, dan sesak napas, beberapa orang juga mengalami gejala gastrointestinal seperti sakit perut dengan kejadian jantung ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya