SOLOPOS.COM - Ilustrasi ukuran jati pria. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selain berhubungan dengan ukuran Mr P, ternyata selisih panjang jari telunjuk dan jari manis dapat menunjukkan risiko masalah kesehatan pada pria.

Hingga saat ini, para peneliti masih terus menyelidiki bagaimana panjang penis bisa berkaitan dengan selisih panjang jari seseorang. Dugaan terkuat yang dipercaya para ahli yakni seberapa banyak paparan hormon testosteron yang janin dapatkan selama berada dalam kandungan.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Selain menentukan ukuran penis saat Anda masih berada dalam rahim, testosteron diketahui memengaruhi morfologi atau bentuk tubuh pria, mulai dari wajah hingga tangannya.

Dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (5/1/2024) berikut ini deretan masalah kesehatan pria yang bisa dilihat dari panjang jari tangan:

1. Kanker prostat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria memiliki risiko terkena kanker prostat yang lebih tinggi bila jari telunjuk mereka lebih pendek dibandingkan dengan jari manisnya.

Hal ini diduga karena rasio panjang jari menandakan paparan testosteron pada janin saat hamil. Tingkat testosteron yang lebih tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

2. Penyakit kardiovaskular

Selain meningkatkan risiko kanker, rasio panjang jari yang memengaruhi testosteron pria juga menjadi pertanda risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Kadar testosteron yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara memicu peradangan dan penumpukan plak pada pembuluh arteri.

3. Gangguan mental

Penelitian tersebut juga mengaitkan rasio 2D:4D atau perbandingan antara jari telunjuk dan jari manis terhadap risiko gangguan mental pada pria, khususnya depresi.

Tingkat rasio yang lebih tinggi juga berkaitan dengan keparahan depresi dan kepribadian neurotik, yakni suatu kecenderungan emosi negatif pada diri seseorang.

Panjang jari tangan tidak selalu menyebabkan masalah kesehatan pada pria. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungannya secara mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya