SOLOPOS.COM - Ilustrasi Al-Qur'an. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memasuki pertengahan Ramadan, umat Islam banyak yang bertanya-tanya tentang kapan jadwal malam Nuzulul Quran 2024 dan apa saja amalannya?

Nuzulul Quran merupakan waktu di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Adapun wahyu yang pertama kali turun adalah Surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alldzi allama bil qalam. Allamal bil qalam. Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril pada kali ketiga membaca Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Untuk memperingatinya, umat muslim perlu mengetahui kapan jadwal Nuzulul Quran pada 2024.

Melansir Majelis Ulama Indonesia, malam Nuzulul Quran bertepatan pada 17 Ramadan. Sehingga jika merujuk pada Kalender Hijriah dari Kementerian Agama, Nuzulul Quran jatuh pada Kamis 28 Maret 2024 dan malam Nuzulul Quran bisa diperingati pada Rabu, 27 Maret 2024.

Di malam Nuzulul Quran, umat muslim juga disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT. Berikut ini bunyi doanya.

Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaani Shoghiiroo.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku semenjak kecil.

Kemudian, dilanjutkan dengan doa malam Nuzulul Quran berikut.

Allahumma Innaka ‘aufuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Setelah mengetahui kapan jadwal malam Nuzulul Quran 2024, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan umat muslim. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini tiga amalannya.

1. Membaca Al-Qur’an

Cara terbaik mengisi malam Nuzulul Qur’an adalah dengan istikamah membaca Al-Qur’an. Minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadan.

2. Memperbanyak Iktikaf

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Qur’an, Ketua PCNU Sumedang, Kiai Sa’dullah menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak iktikaf di masjid. “Harus memperbanyak iktikaf, selama i’tikaf bacalah Al-Qur’an atau zikir lainnya,” jelasnya.

3. Salat Malam dan Berdoa

Dengan mengetahui kapan jadwal malam Nuzulul Quran 2024, umat Islam bisa melaksanakan salat malam dan berdoa di waktu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya