SOLOPOS.COM - Para biksu yang menggelar ritual thudong atau jalan kaki telah tiba di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/5/2023). (Solopos.com-Istimewa/Bante Katadhamo)

Solopos.com, SOLO — Dalam agama Buddha dikenal tiga tokoh, yakni Biksu, Bikkhu, dan Bhante, kira-kira apa sih perbedaaannya?

Menjelang Hari Raya Waisak yang perayaannya dipusatkan di Candi Borobudur pada Minggu, 4 Juni 2023 pukul 10.41 WIB, ada 31 biksu berjalan kaki dari Thailand menuju candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Bahkan, kini biksu-biksu tersebut sudah berada di Magelang untuk menunggu detik-detik puncak perayaan Hari Raya Waisak pada Minggu pukul 10.41 WIB.

Dengan datanya Biksu dari Thailand tersebut, banyak masyarakat yang penasaran dengan perbedaan antara Bikkhu, Bhante, dan Biksu.

Mengutip penelitian yang diterbitkan Universitas Darussalam Gontor, Biksu, Bikkhu, dan Bhante, sejatinya merupakan rohaniawan dari Buddha, sama seperti kiai di Islam, pendeta di Kristen, maupun romo di Katolik.

Bhante merupakan umat Buddha yang melepaskan diri dari hidup keduniawian untuk berjuang sungguh-sungguh mencapai kebahagiaan dalam kehidupannya. Bhante juga menjadi guru kehidupan bagi umat Buddha. Biasanya, Biksu dan Bhikku juga disapa dengan sebutan Bhante.

Merangkum dari berbagai sumber, sosok Bhikkhu sendiri digunakan untuk menyebut rohaniawan Buddha dari mazhab Theravada di Thailand, Sri Lanka, Myanmmar, Kamboja, dan Vietnam. Sementara itu, Biksu sendiri merupakan penyebutan untuk rohaniawan Buddha mazhab Mahayana yang berkembang di Tiongkok, Vietnam, Korea, dan Jepang.

Seperti dilansir Samaggi-phala.or.id, sebagai umat Buddha, sudah seharusnya menyebut Bikkhu maupun Biksu dengan Bhante. Sangat tidak tepat pula jika menyebutnya dengan panggilan lain, seperti bapak.

Nah, sudah paham kan perbedaan antara Biksu, Bikkhu, dan Bhante?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya