SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria pakai cincin emas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kenapa pria tidak boleh pakai perhiasan emas bisa jadi masih banyak yang belum mengetahui jawabannya.  Islam melarang pria menggunakan emas, namun sebenarnya bukan tanpa alasan.

Dalam hal ini, ada beberapa alasan logis yang ditinjau dari berbagai sudut pandang perihal alasan laki  laki dilarang mengenakan perhiasan dari emas. Ada beberapa faktor seperti kesehatan yang dapat mempengaruhinya. Seperti yang diketahui, umat Islam memiliki ajaran yang harus diikuti melalui Quran dan hadis. Ada banyak sekali peraturan yang sudah ditetapkan termasuk dalam hal berpakaian dan berdandan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam Islam, laki–laki haram hukumnya menggunakan perhiasan dari logam mulia. Hal tersebut dilarang karena sudah diatur pada ajaran umat Islam yang berasal dari hadis.

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (25/11/2023), diriwayatkan dari Umar, dia berkata, “Rasulullah SAW pernah membuat cincin emas, dan ketika memakainya meletakkan matanya di bagian dalam telapak tangannya, maka orang-orang juga membuat cincin emas. Kemudian Rasulullah duduk di atas mimbar dan menanggalkan cincinnya sambil bersabda, ‘Sungguh aku telah memakai cincin ini dan aku letakkan matanya di perut telapak tangan’. Lalu beliau membunag cincin itu sambil berkata, ‘Demi Allah aku tidak akan memakainya lagi selama-lamanya‘ maka orang-orang pun membuang cincin mereka.”(HR Bukhari dan Muslim).

Alasan lain kenapa pria tidak boleh pakai perhiasan emas dari segi kesehatan adalah karena atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit melalui pori pori dan masuk ke darah manusia. Jika seorang pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan digunakan pada jangka waktu yang lama maka ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan. Salah satunya, di dalam urine dan darah akan terdapat kadar atom yang melebihi batas.

Hal ini berbeda jika digunakan oleh wanita. Pasalnya, wanita setiap bulan mengeluarkan partikel berbahaya melalui menstruasi. Dalam berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa dalam tubuh wanita terdapat suatu lemak unik yang berbeda dan tidak dimiliki oleh seorang pria. Lemak tersebut juga bisa mencegah unsur senyawa atom dari cincin kawin emas  untuk masuk ke dalam tubuh. Sehingga pada jika masuk melalui kulit wanita, lemak bisa menghalanginya.

Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti Alzheimer. Kandungan atom yang tidak dibuang dalam jangka waktu tertentu akan mengendap dalam darah dan sampai ke otak yang akan memicu penyakit tersebut. Alzheimer adalah suatu penyakit di mana penderitanya kehilangan kemampuan fisik dan mental dan menyebabkan kembali seperti anak kecil.

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, emas memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut hanya bisa dimiliki orang-orang di lapisan ekonomi tertentu. Jadi larangan emas bagi pria ini juga terkait dengan tidak bolehnya hidup terlalu bermewahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya