SOLOPOS.COM - Ilustrasi dokter menjelaskan hasil MRI otak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sebuah penelitian baru menyarankan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan keterlibatan kognitif otak yang dapat melindungi dari persoalan memori atau daya ingat di masa depan.  Untuk menjaga kesehatan otak, simak ulasannya di info sehat ini.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, mengaktifkan otak dalam profesi Anda dapat menurunkan risiko mengalami masalah memori dan kognitif saat menua.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami memeriksa tuntutan dari berbagai pekerjaan dan menemukan bahwa stimulasi kognitif di tempat kerja selama berbagai tahap dalam hidup pada usia 30an, 40an, 50an, dan 60an, berhubungan dengan risiko yang lebih rendah terhadap gangguan kognitif ringan setelah usia 70 tahun. Temuan kami menyoroti nilai memiliki pekerjaan yang membutuhkan pemikiran yang lebih kompleks sebagai cara untuk mungkin menjaga memori dan berpikir di usia tua,” kata penulis studi Dr. Trine Holt Edwin dari Rumah Sakit Universitas Oslo di Norwegia dalam rilis berita yang dikutip dari Medical Daily, Minggu (21/4/2024).

Untuk mengetahui manfaat keterlibatan kognitif bagi kesehatan otak, para peneliti menggunakan data dari 7.000 orang dan memeriksa 305 pekerjaan di Norwegia. Fokus mereka adalah mengukur tingkat stimulasi kognitif yang dialami setiap peserta dalam peran mereka masing-masing.

Para peneliti menilai keterampilan yang dibutuhkan oleh berbagai pekerjaan dan mengkategorikannya menjadi empat tipe: tugas manual rutin, tugas kognitif rutin, tugas analitis non-rutin, dan tugas interpersonal non-rutin.

Sementara tugas manual rutin melibatkan gerakan berulang yang sering terlihat dalam pekerjaan pabrik, tugas kognitif rutin meliputi aktivitas yang tepat dan berulang seperti pembukuan. Tugas analitis non-rutin memerlukan analisis dan interpretasi informasi secara kreatif, sedangkan tugas interpersonal non-rutin melibatkan membangun hubungan dan memotivasi orang lain.

Berdasarkan tingkat stimulasi kognitif di tempat kerja, peserta dibagi menjadi empat kelompok.  “Pekerjaan paling umum untuk kelompok dengan tuntutan kognitif tertinggi adalah mengajar. Pekerjaan paling umum untuk kelompok dengan tuntutan kognitif terendah adalah pengantar surat dan penjaga,” ungkap rilis berita tersebut dikutip dari Antara pada Minggu (21/4/2024).

Para peserta diuji untuk memori dan berpikir setelah usia 70 tahun. Di antara peserta dengan pekerjaan yang membutuhkan tuntutan kognitif minimal, 42 persen didiagnosis mengalami gangguan kognitif ringan.

Sebaliknya, di antara mereka yang memiliki pekerjaan yang menuntut keterlibatan kognitif tertinggi, hanya 27 persen yang didiagnosis mengalami gangguan kognitif ringan.

Kelompok dengan tuntutan kognitif terendah di tempat kerja memiliki risiko 66 persen lebih tinggi mengalami gangguan kognitif ringan dibandingkan dengan mereka yang memiliki tuntutan kognitif tertinggi di tempat kerja setelah faktor seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan gaya hidup diperhitungkan.

“Hasil ini menunjukkan bahwa pendidikan dan melakukan pekerjaan yang menantang otak selama karier Anda memainkan peran penting dalam menurunkan risiko gangguan kognitif di kemudian hari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan tugas-tugas pekerjaan yang menantang secara kognitif yang paling bermanfaat untuk menjaga keterampilan berpikir dan memori,” kata Dr. Edwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya