SOLOPOS.COM - Ilustrasi menolak makanan berkolesterol (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan, di antaranya berkaitan dengan kolesterol dalam tubuh. Berikut ini beberapa perubahan gaya hidup yang dapat menurunkan atau menjaga kadar kolesterol.

Ahli Diet Manpreet Kalra membagikan beberapa tips efektif yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan membuat perubahan sehat dalam pola makan Anda.

Promosi Fokus Segmen UMKM & Ultra Mikro, Analis Rekomendasikan Saham BBRI

Kadar kolesterol dapat meningkat terutama karena konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, kelainan genetik, dan faktor gaya hidup seperti merokok, gaya hidup kurang gerak, dan alkohol.

Berikut tips menurunkan kadar kolesterol yang ditulis laman Hindustan Times, dikutip dari Antara.

  1. Mulailah hari Anda dengan asam lemak omega-3 seperti air biji chia, kenari, dan lain-lain. Mengandung asam lemak esensial yang mengurangi peradangan dan meningkatkan profil lipid.
  1. Nikmati sarapan tinggi serat dan kaya protein seperti oat dan besan cheela dengan parutan ghia. Ini meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat.
  1. Usahakan berjalan kaki 10-15 menit setelah makan. Ini menyeimbangkan kadar gula darah dan meningkatkan profil lipid.
  1. Menambahkan jahe dan bawang putih ke dalam kari dan dal (sup dari kacang-kacangan kering) juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mereka juga membantu mencegah aterosklerosis, atau penumpukan plak di arteri.
  1. Hindari jajanan olahan seperti keripik dan namkeen. Makanan ini mengandung minyak nabati olahan yang meningkatkan kolesterol.
  1. Batasi konsumsi makanan yang terbuat dari roti seperti kue dan kerupuk. Makanan ini tinggi gula dan mengandung lemak jenuh.
  1. Tambahkan sayuran kaya vitamin B seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, dan kacang hijau. Mereka menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung.
  1. Tambahkan suntikan penurun kolesterol di pagi hari. Selain menurunkan kolesterol, juga menurunkan peradangan.

Demikian beberapa gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya