SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak ikut lomba HUT Kemerdekaan RI. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah manfaat lomba yang digelar pada HUT Kemerdekaan RI bagi anak. Bukan hanya berdampak positif terhadap fisik, melainkan juga berdampak baik untuk kesehatan mental mereka. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Setiap HUT RI pada 17 Agustus diadakan sejumlah kegiatan, salah satunya adalah beragam lomba yang biasanya ditujukan untuk anak-anak. Misalnya lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil ke botol, hingga balap karung.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Perlombaan tersebut ada yang digelar untuk individual, ada pula yang ditujukan untuk tim. Misalnya lomba bakiak. Jika lomba tim tentu butuh kerja sama antaranggota tim agar tidak kalah.

Psikolog anak dari Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, mengatakan bahwa lomba yang digelar pada HUT RI memiliki sejumlah manfaat antara lain dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan menanamkan nilai moral bagi anak.

Ia menjelaskan, sisi moral yang ditanamkan pada anak-anak antara lain untuk menerima kekalahan dengan lapang dada saat mengikuti lomba dan tidak membenci temannya yang menang. Begitu pun bagi anak yang menang diajarkan tidak sombong dan tetap memberi semangat kepada temannya yang kalah.

“Di dalam lomba itu walaupun kelihatan hanya menang dan kalah tetapi ada banyak unsur moral yang ditanamkan pada kegiatan tersebut,” kata Rose Mini dikutip dari Antara pada Jumat (18/8/2023).

Rose Mini turut mencontohkan lomba makan kerupuk yang sering diadakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI. Terdapat aturan yang tidak boleh dilanggar seperti dilarang memegang kerupuk saat lomba, tangan harus di bawah atau ke belakang badan, serta tidak boleh membuang kerupuk yang sudah berhasil digigit.

Selain itu manfaat lainnya dari lomba makan kerupuk yang merupakan salah satu lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, menurut Rose, adalah sikap pantang menyerah dan tekun. Hal ini mengingat kerupuk yang digantung pada seutas tali bisa bergoyang ke kanan dan kiri, sehingga perlu usaha gigih dan konsentrasi untuk bisa memakannya hingga habis.

“Anak-anak yang bisa mengikuti aturan itu jadi secara moral itu dia tertib dan teratur, serta tekun ya,” ujar Rose.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya