SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Banyak yang belum tahu mengenai apa itu doa nurbuat, padahal doa tersebut dalam ajaran Islam mempunyai sederet khasiat.

Doa nurbuat sendiri merupakan singkatan dari dua kata, yakni nur, yang berarti cahaya dan al-nubuwah yang berarti kenabian. Doa ini pertama kali ditemukan dalam Tafsir Ibn Katsir yang bunyi artinya sebagai berikut.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Hadis dari sayyidina ‘Ali: ‘al-Hafiz Ibn ‘Asakir meriwayatkan melalui Khaytsamah ibn Sulaiman al-Hafiz: ‘Ubayd ibn Muhammad al-Kasyuri menceritakan kepada kami, ‘Abdullah ibn ‘Abdullah ibn ‘Abd Rabbih al-Bashri menceritakan kepada kami dari Abu Raja’, dari Syu’bah, dari Abu Ishaq, dari al-Harits, dari sayyidina ‘Ali; Jibril mendatangi Nabi SAW, sedang Nabi terlihat sedih, kemudian Jibril berkata, ‘Wahai Muhammad, kesedihan apa yang aku lihat di wajahmu?’ Nabi berkata, ‘Hasan dan Husein terkena penyakit ‘ain.’ Jibril berkata ‘Benarlah apa yang menimpa mereka dan ‘ain itu benar adanya, tidakkah kamu melindungi mereka berdua dengan beberapa kalimat?’ Nabi bertanya, ‘Apa kalimat-kalimat itu, Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Katakanlah: Ya Allah, Zat yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang qadim, memiliki pandangan yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, pelindung Hasan dan Husein dari jin dan pandangan manusia. Nabi SAW pun mengucapkan doa itu, kemudian Hasan dan Husein berdiri dan bermain di depan Nabi. Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Lindungilah dirimu sendiri, istri-istrimu, anak-anakmu, dengan doa perlindungan ini, sebab orang yang mencari perlindungan tidak akan berlindung pada sesuatu yang seperti semisalnya.”

Setelah mengetahui apa itu doa nurbuat, berikut ini bacaan lafal dan juga khasiatnya yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Allahumma dzis sulthanil ‘azhim, wa dzil mannil qadim, wa dzil wajhil karim, wa waliyyil kalimatit tammat wad da’awatil mustajabat, ‘aqilil ?asan wal ?usayn min anfusil haqq, ‘aynil qudrah wan nadhirin wa ‘aynil jinni wal insi wasy syayathin, wa iy yakadulladzina kafaru layuzliqunaka bi abshorihim lamma sami’udz dzikra wa yaquluna innahu lamajnun wa ma huwa illa dzikrul lil-‘alamin, wa mustajabul qur’anil ‘azim, wa waritsa sulaimanu dawuda ‘alaihimas salam, al-wadud dzul ‘arsyil majid. Thawwil ‘umri wa sha??ih jasadiy waqdi hajati wa aktsir amwali wa awladi wa habbibni linnasi ajma’in wa taba‘adil ‘adawah kullaha mim bani Adama ‘alaihissalam, man kana hayyaw wa yahiqqal qawlu ‘alal kafirin innaka ‘ala kulli syay’in qadir. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yashifun wa salamun ‘alal mursalin wal hamdu lillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: Ya Allah, Zat yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang qadim, memiliki pandangan yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang benar, dari pandangan mata yang memandang, dari pandangan mata manusia dan jin. Sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al-Quran dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila, dan tiadalah itu semua melainkan sebagai peringatan bagi seluruh alam. Dan mustajabnya Al-Quran yang mulia. Dan Sulaiman telah mewarisi Daud ‘as. Allah adalah Zat Yang Maha Pengasih lagi memiliki singgasana yang Mulia, panjangkanlah umurku, sehatlah jasad tubuhku, kabulkan hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakanlah semua manusia, dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Nabi Adam alaihissalam, yaitu orang-orang yang hidup (hatinya) dan supaya pastilah (ketetapan azab) terhadap orang-orang kafir. Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Berdasarkan isinya, doa nurbuat ini memiliki khasiat untuk meminta kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dan perlindungan, kesehatan, panjang umur, rezeki, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya