SOLOPOS.COM - Ilustrasi penduduk beragama Islam. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Rajab di kalangan umat Islam kerap disebut sebagai bulan yang istimewa dan mulia, kira-kira kenapa dan apa alasannya?

Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Dalam penanggalan Islam, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dan pada tahun ini jatuh pada 13 Januari 2024. Dalam Islam, Rajab termasuk empat dari bulan-bulan haram, bulan yang suci dan mulia, yakni Muharram, Rajab, Zulhijah, Zulkaidah, terakhir bulan Syakban.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. (QS At-Taubah:36)

Lalu, kenapa Rajab disebut sebagai bulan istimewa dan mulia?

Berdasarkan sejarahnya yang dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), masyarakat Arab zaman dhulu memuliakan Rajab melebihi bulan lainya. Rajab biasa juga disebut Al-Ashabb, yang berarti yang mengucur atau menetes. Julukan tersebut berdasarkan dengan derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini.

Keistimewaan bulan Rajab juga terletak pada peristiwa ajaib Isra Mikraj Rasulullah. Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rajab tahun 10 kenabian (620 M). Di situ, terdapat momen perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu menuju ke Sidratul Muntaha yang ditempuh hanya semalam. Dari peristiwa Isra dan Mikraj ini, umat Islam menerima perintah salat lima waktu.

Alasan kenapa Rajab disebut bulan istimewa dalam Islam karena termasuk dalam bulan haram dengan tiga bulan lainnya yang telah disebutkan tadi. Disebut bulan haram karena pada empat bulan tersebut, umat Islam dilarang mengadakan perperangan.

Saking istimewanya bulan ini, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan di Rajab, yakni puasa Rajab, memperbanyak zikir, berdoa, dan tidak berbuat zalim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya