SOLOPOS.COM - Ilustrasi agama Islam

Solopos.com, SOLO — Rajab merupakan bulan ketujuh Hijriah yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Maka dari itu, ada beberapa ibadah dan amalan yang bisa dilakukan di bulan tersebut.

Berdasarkan kalender Hijriah dari Nahdlatul Ulama (NU), 1 Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024. Dalam Islam, Rajab termasuk empat dari bulan-bulan haram, bulan yang suci dan mulia, yakni Muharram, Rajab, Zulhijah, Zulkaidah, terakhir bulan Syakban.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram.” (QS At-Taubah: 36).

Mengutip laman resmi NU online, salah satu keutamaan bulan Rajab adalah di malam satu Rajab yang jatuh pada Jumat, 12 Januari 2024. Hal ini juga dijelaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm.

“Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Iduladla, malam hari raya Idulfitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Syakban,” bunyi penjelasan dalam kitab tersebut.

Sementara itu, ustaz Imam Muhammadiyah menyampaikan, amalan-amalan utama yang dapat dilakukan di bulan Rajab, yakni memperbanyak istigfar setiap waktu, membaca Al-Qur’an, berpuasa, dan pada malam hari membaca 1.000 kali surat Al-Ikhlas.

“Rajab adalah bulannya Gusti Allah, untuk itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan yaitu banyak beristigfar pada Allah, membaca Al-Qur’an, istigfar, dan puasa. Di malamnya membaca 1.000 kali surat Al-Ikhlas. Satu bulan akan mendapatkan keberkahan,” ujarnya di lansir laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Pada bulan yang memiliki keutamaan ini, di Rajab, umat Islam juga dilarang untuk berbuat zalim. Sebab Rajab merupakan bulan yang mustajab untuk berdoa, bulan yang sangat baik untuk bertaubat, bulan kemurahan di mana Allah semakin banyak memberi keberkahan, serta bulan yang sangat dianjurkan untuk berpuasa sunah maksimal 10 hari.

Karena memiliki banyak keutamaan, Rajab ini juga dianggap sebagai bulan untuk memanen pahala di 2024 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya