SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rumah. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Rumah tusuk sate memiliki kesan negatif di tengah masyarakat karena sarat akan mitos, lalu bagaimana Islam memandang hal tersebut?

Istilah rumah tusuk sate ditujukan untuk sebuah rumah yang lokasinya tepat berada di ujung pertigaan. Bangunan seperti ini menghadap lurus ke arah jalan utama. Banyak orang yang menghindari rumah dengan posisi tersebut karena berbagai mitos yang menyelimutinya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan ilmu Feng Shui dipercaya bahwa terdapat beberapa rumah yang berpotensi mendatangkan energi negatif seperti rumah model tusuk sate ini. Posisi rumah yang menghadap persimpangan lurus dianggap sebagai panah beracun.

Adapun mitos yang berkembang di masyarakat terkait rumah tusuk sate meliputi memberikan nasib buruk, keluarga penghuni rumah kurang harmonis, penghuni rumah sering sakit, hingga rawan terjadi kecelakaan.

Lalu, bagaiaman dalam pandangan Islam terhadap rumah tusuk sate?

Mengutip laman Dalamislam.com, rumah tusuk sate bukan menjadi hal yang dibahas secara detail dalam Islam. Boleh atau tidaknya rumah tusuk sate ini bergantung dengan niat, tujuan, motif, perlakukan yang mempunyai rumah dalam proses pembangunannya.

Jika posisi rumah tusuk sate tersebut hanyalah sebagai hiasan saja, tentu Islam tidak melarang. palagi jika berkaitan dengan keindahan, kesenian, dan juga estetika yang mengandung kekaguman. Namun, tentunya tidak boleh berlebihan atau sampai bermegah-megahan dengan biaya yang mengalahkan kebutuhan pokok lainnya.

Ada beberapa larangan dalam rumah tusuk sate menurut Islam, di antaranya tidak mengandung hal-hal syirik, tidak berlebih-lebihan dalam membangun, hingga tidak menjadi kesombongan atau yang dibangga-banggakan.

Sementara itu, menurut Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan Islam tidak mempermasalahkan rumah tusuk sate. “Mau rumah tusuk sate, mau tusuk apa. Rumah dibangun dengan uang halal di ujung gang, mau di samping, mau bentuknya kotak tidak ada masalahnya dalam Islam. Makanya Feng Shui Feng Shui ini buang ke lautan,” jelas dia dalam video yang tayang di kanal Youtube Mr & Mrs Yonata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya