SOLOPOS.COM - Ilustrasi meminta maaf saat Lebaran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis, 28 September 2023, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan umat Islam.

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, biasanya diisi dengan tasyakuran, pengajian, zikir, selawat, pembacaan buku rawi atau buku sejarah kehidupan Nabi Muhammad serta berbagi makanan.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Hal ini dilakukan sebagai bentuk suka cita, menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal. Umat muslim mengenang Nabi sebagai orang berbudi pekerti luhur yang sangat sempurna tanpa mengaku sebagai dewa, malaikat, atau Tuhan.

Nah, untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis, 28 September 2023, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan. Berikut ini di antaranya, yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Berselawat

Barangsiapa yang rajin mengamalkan selawat, maka selain mendapat pahala, juga akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Umat muslim juga membaca selawat berikut ini saat salat lima waktu.

Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala aali Sayyidina Muhammad, kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaka hamidum majid. Allahumma baarik ‘alaa Sayyidina Muhammad wa ‘ala aali Sayyidina Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim. Innaka hamidum majid.

Artinya: Ya Allah berilah selawat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana engkau telah memberi selawat kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Yaa Allah berilah berkah kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

  •  Puasa

Amalan selanjutnya untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW adalah dengan berpuasa. Adapun puasa yang bisa dilakukan, yakni puasa Senin dan Kamis serta puasa ayyamul bidh yang dilakukan setiap 13-15 di masing-masing bulan Hijriah.

“Itu (puasa Senin) hari aku dilahirkan, aku diutus, atau hari wahyu diturunkan kepadaku.” (HR. Muslim).

  • Sedekah

Bersedekah tidak akan membuat umat muslim menjadi kekurangan, justru dengan meneladani kedermawanan Nabi Muhammad Saw, maka akan banyak keberkahan yang didapat.

Manfaat sedekah bisa untuk diri sendiri, juga orang lain. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt atas rezeki yang diberikan, tentu sudah menjadi kewajiban manusia untuk membantu saudara lainnya dengan menyisihkan sebagian dari rezeki tersebut.

  • Ceramah dan Pembacaan Rawi

Amalan terakhir yang bisa dilakukan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis, 28 September 2023 adalah dengan ceramah dan pembacaan rawi.

Jalaluddin As-Suyuthi mengatakan, rasa syukur kepada Allah atas kelahiran Nabi Muhammad saw sebaiknya diekspresikan dengan semua aktivitas kebaikan yang dapat dimaknai sebagai bentuk syukur kepada Allah. Dalam peringatan Maulid terdapat edukasi berupa konten yang memotivasi orang untuk beramal saleh oleh orang Indonesia. Hal ini diterjemahkan dalam bentuk taushiyah atau ceramah agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya