SOLOPOS.COM - ilustrasi buka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Puasa Arafah yang dilaksanakan satu hari sebelum Hari Raya Iduladha ternyata memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Islam.

Pada tanggal Zulhijah, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa Arafah. Di tahun ini, 9 Zulhijah bertepatan dengan Minggu, 16 Juni 2024, Puasa tersebut sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Promosi Kampung Rosela Malang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (muakkad). Sebagaimana sabda Rasulullah saw dalam riwayat Muslim: Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu (HR Muslim).

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), puasa Arafah memiliki keutamaan menghapus doa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Puasa sunah ini dianjurkan untuk merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jemaah haji dalam menjalankan ibadah di Tanah Suci Makkah.

Sama puasa lainnya, bagi umat muslim yang hendak melaksanakan puasa Arafah, juga didahului dengan membaca niat berikut.

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Arafah lillâhi ta‘aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Arafah esok hari karena Allah SWT.

Orang yang ingin berpuasa sunah Arafah di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memasang niat sunah puasa Arafah seketika itu juga dan ini bunyi niatnya.

Nawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati Arafah lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Arafah hari ini karena Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan dan niat puasa Arafah yang dilaksanakan satu hari sebelum Hari Raya Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya