SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Dalam Islam terdapat amalan yang pahalanya setara ibadah haji dan umrah. Kira-kira apa saja?

Haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Rukun Islam terakhir ini dilaksanakan menjelang Hari Raya Iduladha. Namun, dibutuhkan kesiapan fisik, psikis, dan finansial untuk berangkat haji.

Promosi Didukung BRInita, Dasawisma Pisang Palembang Sulap TPS Liar Jadi Urban Farming

Apalagi biaya haji dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk 2024, biaya haji dipatok berkisar Rp49 juta hingga Rp60 juta. Sebagai gambaran, biaya haji yang berangkat dari Embarkasi Solo dikenakan Rp58.943.134 per orang.

Karena kemurahan Allah SWT, umat muslim bisa mendapatkan pahala seperti ibadah haji dengan melakukan beberapa amalan. Melansir laman resmi Nahdlatul Ulama atau NU online, amalan setara ibadah haji dan umrah ada tiga dan mudah untuk dilakukan, yakni salat jemaah lima waktu di masjid dan salat duha, zikir setelah salat subuh berjemaah lalu salat dua rakat, serta pergi ke masjid untuk menuntut ilmu atau mencari kebaikan.

Amalan Setara Ibadah Haji

  • Zikir Setelah Salat Subuh Berjemaah

Amalan setara ibadah haji dan umrah ini dilakukan sampai Matahari terbit dan ditambah salat sunah dua rakat setelahnya.

  • Menuntut Ilmu dan Mencari Kebaikan di Masjid

Amalan setara ibadah haji dan umrah ini dijelaskan dalam subah hadis yang diriwayatkan Abu Umamah.

“Siapa yang berangkat ke masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti pahala ibadah haji yang sempurna hajinya,” (HR At-Thabarani).

  • Salat Jemaah Lima Waktu di Masjid

Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian. Selain mendapatkan pahala dua puluh tujuh kali lipat, salat berjemaah di masjid juga dilimpahkan pahala ibadah haji bila dilakukan secara terus menerus.

Sementara orang yang mengerjakan salat duha di masjid dihadiahi pahala ibadah umrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya