SOLOPOS.COM - Tanggal 13 di hari Jumat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tanggal 13 yang jatuh di hari Jumat banyak ditakuti oleh publik mengingat di hari ini terdapat banyak mitos yang berkembang luas di masyarakat.

Pada hari ini, Jumat menunjukkan tanggal 13 Oktober 2023. Tanggal 13 di hari Jumat kerap dikaitkan dengan kesialan dan kutukan. Ternyata kepercayaan ini sudah ada sejak abad ke-12.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, angka 13 di hari Jumat yang membawa sial membuat beberapa negara, seperti di China dan Amerika Serikat menghindari angka ini, baik untuk lantai di gedung maupun nomor rumah.

Mitos angka 13 di hari Jumat ini bermula dari peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus yang hanya dihadiri 13 orang dan semuanya meninggal dunia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, berbagai peristiwa buruk pernah terjadi di tanggal yang dianggap penuh kutukan dan kesialan ini. Seperti pembunuhan, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Para ahli numerologi berpendapat 13 sebagai angka sial lantaran letaknya tepat setelah angka 12 yang dikenal dengan angka lengap. Seperti pada bulan di kalender, zodiak, Dewa Olympus, dan pekerja Hercules yang masing-masing berjumlah 12. Anggapan para ahli itu menjadi salah satu alasan seseorang mempercayai mitos angka 13 pembawa sial.

Mengutip tulisan Sujit Kumar Mahato di Quora, berikut ini sederet mitos tanggal 13 hari Jumat yang berkembang luas di masyarakat.

  • Jika Anda memotong rambut pada hari Jumat tanggal 13, salah satu anggota keluarga Anda akan meninggal.
  • Jika prosesi pemakaman melewati Anda pada hari Jumat tanggal 13, Andalah yang akan meninggal berikutnya.
  • Jangan memulai perjalanan pada hari Jumat atau Anda akan menemui kesialan.
  • Jika Anda memecahkan cermin pada hari Jumat tanggal 13, Anda akan mengalami tujuh tahun kesialan.
  • Seorang anak yang lahir pada hari Jumat tanggal 13 akan sial seumur hidup.
  • Kapal yang berlayar pada hari Jumat akan mendapat nasib buruk.
  • Jika Anda berjalan di bawah tangga atau jika kucing hitam melintasi Anda pada hari Jumat tanggal 13, Anda akan mendapat nasib buruk.

Namun, mitos mengenai tanggal 13 di hari Jumat sudah seharusnya tidak dipercayai. Menurut Islam, hal tersebut tidak dibenarkan dan hanya takhayul. Bahkan menurut pendapat Abdullah bin Mas’ud, percaya mengenai kesialan adalah bentuk perbuatan syirik. Percaya akan kesialan disebut pula dengan thiyarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya