SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang Islam. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam mencukur bulu kemaluan, ternyata terdapat tata cara dan bacaan doanya menurut ajaran Islam.

Rambut atau bulu kemaluan yang telah lebat jika tidak dicukur tentu akan mengganggu kenyamanan seseorang. Maka dari itu, mencukur bulu kemaluan termasuk bagian dari ajaran Islam. Nabi Muhammad SAW menyebut mencukur bulu kemaluan sebagai fitrah.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Fitrah ada 5: khitan, mencukur bulu kemaluan, memendekkan kumis, potong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR Bukhari Muslim).

Dalam Islam, mencukur bulu kemaluan juga terdapat doa dan tata caranya, penasaran?

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berdasarkan kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Khathib, mencukur bulu kemaluan hanya diperuntukkan oleh laki-laki.

Sementara itu, perempuan sebaiknya adalah mencabut bulu kemaluan. Para ulama berpendapat dengan cara seperti itu bisa mengendalikan syahwat perempuan. Sedangkan jika dengan mencukur bulu kemaluan laki-laki bisa menguatkannya.

Namun, ada pula pendapat yang dikemukakan oleh Madzhab Maliki, mencabut bulu kemaluan bagi perempuan ternyata bisa melembutkan bagian intimnya.

“Yang paling afdal bagi laki-laki adalah mencukur bulu kemaluan, sedangkan bagi perempuan adalah mencabutnya. Para ulama berkata tentang hikmahnya, ‘Bahwa mencabut bulu kemaluan itu bisa mengendalikan syahwat, sedang mencukurnya itu bisa menguatkan syahwat. Berbeda dengan ulama dari kalangan Madzhab Maliki, mereka menyatakan; ‘Karena mencabut bulu kemaluan (bagi perempuan) itu bisa melembutkan kemaluannya.” (Sulaiman Al-Bujairimi dalam kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Khathib).

Setelah mengetahui tata caranya, lalu bagaimana bunyi doa ketika mencukur bulu kemaluan?

Para ulama sendiri belum menemukan adanya doa saat ingin mencukur bulu kemaluan. Namun, ketika hendak mencukur bulu kemaluan, tentunya umat muslim melepas pakaian yang dikenakan.

Nah, saat melepas pakaian tersebut, umat muslim bisa membaca doa berikut ini.

Bismillaahil ladzii laailaaha illaa huwa.

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya