SOLOPOS.COM - ilustrasi mata kering dan lelah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui tips menjaga kesehatan mata di era kemajuan teknologi. Saat ini hampir semua orang menggunakan perangkat elektronik mulai dari anak-anak hingga dewasa setiap harinya berhadapan langsung dengan perangkat gadget seperti smartphone dan komputer.

Mata merupakan indera yang sangat penting bagi manusia. Jika mengalami kehilangan penglihatan maka seseorang dapat terganggu kehidupan sehari-harinya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dikutip pada Senin (22/4/2024) secara global setidaknya terdapat 2,2 miliar orang mengalami gangguan penglihatam jarak dekat atau jarak jauh. Maka dari itu diperlukan upaya pencegahan untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Dikutip dari cnet.com berikut ini tips menjaga kesehatan penglihatan seseorang :

1. Menggunakan kacamata hitam

Mata yang terpapar sinar ultraviolet dapat rusak seiring waktu. Memakai kacamata hitam atau sunglasses dapat memblokir cahaya UV yang berbahaya, menurunkan risiko kerusakan mata seperti katarak, reaksi iritasi, kanker mata, dan daging tumbuh sekitar mata, menurut American Academy of Ophthalmology.

2. Ambil istirahat dari menatap layar

Tips berikutnya menjaga kesehatan mata adalah ambil istirahat dari manatap layar. Waktu menatap layar berkepanjangan dapat menyebabkan mata kering, sakit di leher dan pundak, penglihatan buram, sakit kepala dan ketegangan mata, atau disebut sindrom penglihatan komputer.
Asosiasi Optometri Amerika (AOA) menyarankan untuk menggunakan aturan 20-20-20 untuk menghindari sindrom penglihatan komputer. Setiap 20 menit, lihatlah objek paling tidak sejauh 20 kaki selama 20 detik.

3. Istirahat membaca buku

Waktu menatap layar tidak hanya satu penyebab ketegangan mata. Ketika seseorang membaca buku mereka kemungkinan melakukannya untuk waktu panjang pula. Kedua aktivitas ini dapat menyebabkan rabun jauh atau myopia yang mana merupakan kondisi mata yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur.

Lakukan aturan 20-20-20 pada saat membaca buku seperti istirahat menatap layar. Jika merasa terlalu asyik bacaan atau lakukan di depan komputer, setel alarm agar tidak melewatkan istirahat 20 menit.

4. Menggerakkan tubuh

Berolahhraga dengan rutin bisa memberikan manfaat untuk mata, seperti membantu kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko berkembangnya glaukoma, dan retinopati diabetik, menurut laporan American Association of Ophthalmology.
CDC merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang setiap minggu, ditambah dua hari latihan kekuatan untuk otot. Selain itu seseorang juga dapat melakukan latihan mata untuk mengurangi ketegangan mata selagi duduk di meja kerja.

5. Pergi keluar rumah

Tips berikutnya menjaga kesehatan mata adalah pergi ke luar ruamh. Anak-anak dan orang dewasa perlu pergi keluar dengan sering, bahkan jika melakukan olahraga yang direkomendasikan di dalam ruangan sekali pun. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menghabiskan waktu di luar lebih memiliki risiko rendah mengembangkan rabun jauh pada saat remaja atau orang dewasa.

6. Makan makanan seimbang

Makanan yang dimakan setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mata. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, C dan E, beta-karoten, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin dan zinc dapat membantu pertumbuhan sel, menurunkan peradangan jaringan mata dan membatasi radikal bebas yang dapat merusak mata.

7. Hindari menggosok mata

Jika seseorang memiliki kebiasaan menggosok mata, ini dapat melukai mata atau membuat mata terinfeksi. Mata kering dan mata yang tegang bisa membuat seseorang ingin menggosok mata dan beberapa dari mereka menggosok terlalu sering atau keras. Ini dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan berkurang atau kabur, sakit kepala, peradangan, sensitivitas mata dan cahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya