SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang dewasa menerima vaksin. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Bisakah orang dewasa juga mendapatkan vaksin polio mengingat selama ini imunisasi hanya menyasar anak-anak usia 0-7 tahun?  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

CDC merekomendasikan agar semua anak mendapatkan vaksin polio untuk melindungi terhadap polio, atau poliomielitis, sebagai bagian dari rangkaian vaksin rutin anak. Vaksin polio yang tidak aktif (IPV) adalah satu-satunya vaksin polio yang diberikan di Amerika Serikat sejak tahun 2000. IPV diberikan melalui suntikan di kaki atau lengan, tergantung usia pasien. Vaksin polio oral (OPV) tidak digunakan di Amerika Serikat namun digunakan di beberapa negara lain.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

CDC merekomendasikan agar  anak-anak mendapatkan empat dosis vaksin polio. Mereka harus mendapat satu dosis pada setiap usia berikut usia 2 bulan, usia 4 bulan, usia 6 hingga 18 bulan, dan usia 4 hingga 6 tahun. Anak-anak yang belum menyelesaikan vaksinasi polio harus menemui ahli kesehatan untuk menyelesaikan rangkaian vaksin.

Orang yang berencana bepergian ke luar negeri harus memastikan bahwa mereka dan anak-anak mereka telah menerima vaksinasi polio lengkap sebelum keberangkatan.

Lalu bisakah orang dewasa menerima vaksin polio? Jawabannya bisa. Jika Anda mengetahui atau mencurigai bahwa Anda belum menerima vaksinasi atau belum menerima vaksinasi lengkap, Anda harus menerima vaksinasi polio.

Dikutip dari laman CDC pada Rabu (17/1/2024), jika Anda belum pernah menerima vaksinasi polio, Anda harus mendapatkan tiga dosis IPV dengan jadwal pemberian sebagai berikut:

– Dosis pertama kapan saja
– Dosis kedua 1 hingga 2 bulan kemudian
– Dosis ketiga 6 hingga 12 bulan setelah dosis kedua

Jika Anda pernah menerima satu atau dua dosis vaksin polio sebelumnya, Anda harus mendapatkan satu atau dua dosis sisanya.  Jika Anda sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan berisiko lebih tinggi terhadap paparan virus polio, termasuk berencana bepergian ke negara-negara yang risikonya lebih tinggi, Anda mungkin menerima satu dosis booster IPV seumur hidup.

Ada sejumlah situasi yang bisa membuat orang dewasa juga dapat menerima vaksin polio. Situasi yang membuat orang dewasa berisiko lebih tinggi terkena virus polio meliputi:

– Anda bepergian ke negara yang tercatat terdapat peningkatan risiko paparan virus polio. Untuk informasi lebih lanjut lihat Polio: Untuk Wisatawan  dan tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda apakah Anda perlu divaksinasi.
– Anda bekerja di laboratorium atau tempat layanan kesehatan dan menangani spesimen yang mungkin mengandung virus polio.
– Anda adalah petugas kesehatan atau pengasuh yang memiliki kontak dekat dengan orang yang mungkin tertular virus polio.
– Otoritas kesehatan masyarakat telah mengidentifikasi Anda sebagai bagian dari kelompok atau populasi yang berisiko lebih tinggi terkena paparan akibat wabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya