SOLOPOS.COM - Orang tua si bayi jenius, Kevin dan Chika, saat hadir di podcast Denny Sumargo. (Tangkapan layar YouTube Denny Sumargo)

Solopos.com, SOLO-Video yang memperlihatkan polah bayi jenius berusia 21 bulan bernama Kenneth di TikTok akhirnya viral. Video yang diunggah oleh akun @imchika21 di TikTok.

Video-video tersebut memperlihatkan kecerdasan Kenneth dalam menjalankan operasi hitung, pengetahuannya tentang bagian-bagian organ tubuh manusia, serta kemampuannya menghafal rumus matematika.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Pyramid,” jawab bayi itu tatkala sang Ayah, Kevin, menunjukan suatu rumus berbunyi V = 1/3 x s x t pada video yang diunggah pada 10 November 2023. Sang ibu tidak percaya bahwa anaknya berhasil menjawab karena dirinya sendiri pun tidak tahu rumus matematika apa itu.

“Kalau 22 per 7 sama dengan (rumus)?” tanya Chika, si ibu di kesempatan yang berbeda. “Phi,” jawab Kenneth dengan percaya diri.

Lantaran video viral bayi jenius tersebut, sang ibu dan ayah pun diundang ke podcast Denny Sumargo. Chika membeberkan awal mula kelebihan yang dimiliki sang anak. Ia menjelaskan, kecerdasan anaknya muncul karena sering dibacakan buku.

“Awalnya aku bacain buku ini. Aku bacanya biasa aja,” ucap Chika dikutip dari Youtube Denny Sumargo, Kamis (30/11/2023).

“Terus ada momen di mana saat makan dan mencerna makanan itu masuk ke mulut, kerongkongan, lambung,” tambahnya.

Kemudian, Chika secara detail bercerita tentang daya ingat anaknya yang berbeda dari bayi pada umumnya. “Suatu ketika waktu umur dia setahun empat bulan, dia ngomong makanan itu masuk mulut, kerongkongan, lambung. Itu aku kaget banget dengarnya,” kata Chika.

Kemudian, Chika pun menegaskan jika Kenneth mulai mengenal makna dari ucapan sejak usianya menginjak setahun kurang. “Ngomong dan mengerti itu saat dia usia 11 bulan. Dia ngomong awal itu belajar,” tuturnya.

Tak hanya itu, perbedaan lainnya yang ditunjukkan Kenneth yakni saat menangis. Menurut Chika, anaknya jika tengah marah dan menangis itu seketika langsung diam jika diberi buku. “Jadi kalo dia nangis, kasih aja buku. Pasti Kenneth diam,” ungkapnya.

Melihat kejeniusan bayi berusia 21 bulan yang viral tersebut, Denny Sumargo pun bertanya kepada sang ibu apakah Chika pernah memeriksakan putranya itu ke dokter?

“Aku setiap bulan kan emang karena imunisasi kan ke rumah sakit ada dokter anaknya kan di situ kan juga dicek juga kan milestone-nya normal sih cuman memang e dia tuh kemampuannya lebih dari yang lain karena e cepat fokus cepat nangkap,” ujarnya.

Menurut Chika, sebenarnya semua bayi memiliki kecerdasan serupa. Hanya, untuk memunculkan kecerdasan tersebut perlu peran orang tua.

“Sebenarnya sih semua bayi kalau katanya dokternya ya semua bayi bisa kayak dia cuman balik lagi apa yang dikasih orang tuanya ke anak itu gitu oke  aksudnya apa yang kita kan 1.000 hari pertama kehidupan mereka itu kan golden age ya itu udah start dari mereka di perut kan. Nah apa sih yang kita
kasih ke dia maksudnya apakah kita cuman kasih tontonan kan kalau tontonan [tidak menstimulasi apa pun], dia mau tahu apa enggak tahu apa-apa kan atau dia dibacain buku? Ya gizinya juga mempengaruhi semuanya sih jadi semua ee ibu semua bapak semua anak maksudnya bisa semua bayi pasti bisa kayak gini cuman balik lagi ke orang tuanya stimulasinya kayak gimana?” ujar Chika.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya