SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Berzikir di 10 hari pertama menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan Rajab. Zikir tersebut mempunyai banyak keutamaan yang bisa diperoleh umat Islam.

Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Dalam penanggalan Islam, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dan pada tahun ini jatuh pada 13 Januari 2024. Dalam Islam, Rajab termasuk empat dari bulan-bulan haram, bulan yang suci dan mulia, yakni Muharram, Rajab, Zulhijah, Zulkaidah, terakhir bulan Syakban.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. (QS At-Taubah:36).

Saking istimewanya, terdapat amalan yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Rajab, termasuk berzikir di 10 hari pertama Rajab. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut lafal zikirnya yang dibaca 100 kali setiap harinya.

Subhanallahil hayyul qayyuum.

Artinya: Maha Suci Allah yang hidup kekal dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya.

Selain itu di 10 hari pertama, terdapat zikir yang dibaca di bulan Rajab yang diamalkan Rasulullah SAW. Adapun lafalnya sebagai berikut.

Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’bana wa ballighnaa ramadhana wa hassil maqashidanaa.

Artinya: Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadhan.

Terakhir, juga bisa banyak membaca istigfar di bulan Rajab dengan lafal, Rabbighfirli warhamni wa tub alayya. Istigfar dibaca di pagi dan sore hari sebanyak 70 kali di bulan Rajab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya