SOLOPOS.COM - Ilustrasi kedatangan pedagang Arab dan Gujarat ke Indonesia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut hari Asyura 10 Muharram, umat Islam bisa melaksanakan beberapa amalan yang penuh dengan pahala.

Asyura yang jatuh pada 10 Muharram merupakan salah satu hari yang dimuliakan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW pernah menjadikan 10 Muharram untuk mengamalkan puasa sunah sebagai bentuk syukur kepada Allah atas aneka peristiwa penting bagi para nabi dan rasul terdahulu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di hari istimewa tersebut, umat muslim disarankan untuk memperbanyak amalan, termasuk beribadah dan berdoa.

Mengutip keterangan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, salah satu amalan yang bisa dilakukan di hari Asyura 10 Muharram 1445 H yang jatuh pada Jumat, 28 Juli 2023 adalah berpuasa.

Nabi bersabda, barangsiapa berpuasa di hari Asyura maka orang itu akan diberi pahala 10 ribu malaikat dan diberi pahala layaknya 10 ribu orang haji dan umroh. Selain itu, juga diberi pahala 10 ribu orang mati sahid.

“Juga siapapun yang mengusap kepala anak yatim (mengasihi anak yatim dengan cara di santuni dan lain-lain) maka Allah SWT akan mengangkat satu derajat dari setiap helai rambutnya,” jelas Sekretaris MUI Jombang, Ustaz Kholili.

Selain itu, amalan lainnya yang bisa dilakukan di hari Asyura 10 Muharram adalah salat 4 rakat, di mana setelah Al-Fatihah membaca Surat Al-Ikhlas 51 kali, maka dimaafkan dosanya 50 tahun. Kemudian, siapa memberi minum satu teguk minuman pada hari Asyura maka diberi minum kelak pada hari kiamat dengan segelas air yang tak akan ada haus lagi setelah meminumnya.

“Seakan-akan tidak pernah berdosa dalam sekejap pun. Setelah itu siapa yang bersedekah maka seakan-akan dia tidak menolak atau tidak pernah menolak orang yang minta-minta. Dan siapa yang mandi dan bersuci pada hari Asyura maka dia tidak akan sakit kecuali sakit yang mengantarkan pada kematian,” katanya.

Lalu, umat Islam yang mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepadanya seakan-akan dia telah berbuat baik pada semua anak yatim yang merupakan anak cucu nabi Adam. “Dan siapa yang menjenguk orang sakit pada hari Asyura maka seperti halnya dia telah menjenguk semua orang sakitnya anak cucu nabi Adam,” jelas Ustaz Kholili.

Demikian, beberapa amalan yang bisa dilakukan di hari Asyura 10 Muharram 1445 H pada Jumat, 28 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya