SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita sakit tenggorokan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Apa itu Mycoplasma pneumoniae (MP) yang diduga jadi penyebab kasus pneumonia misterius di China sebesar 40 persen, lainnya berupa influenza, SARS COV-2 dan sebagainya. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Laporan pneumonia ini awalnya sebagai pneumonia misterius atau pneumonia yang tidak terdiagnosis (clusters of undiagnosed pneumonia).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Dikutip dari laman CDC, Jumat (1/12/2023), untuk menjawab pertanyaan apa itu Mycoplasma pneumoniae yaitu merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dengan cara merusak lapisan sistem pernapasan yakni tenggorokan, paru-paru, batang tenggorok. Orang dapat tertular bakteri ini di hidung atau tenggorokannya pada suatu waktu tanpa merasa sakit.

Meskipun Mycoplasma pneumoniae biasanya menyebabkan infeksi ringan, komplikasi parah dapat terjadi sehingga penderita memerlukan perawatan di rumah sakit. Infeksi Mycoplasma pneumoniae dapat menyebabkan atau memperburuk komplikasi berikut:

– Pneumonia yang serius
– Serangan asma atau gejala asma baru
– Ensefalitis (pembengkakan otak)
– Anemia hemolitik (terlalu sedikit sel darah merah, yang berarti lebih sedikit sel untuk mengantarkan oksigen ke dalam tubuh)
– Disfungsi ginjal (masalah ginjal)

Mycoplasma menyebar melalui kontak dengan droplet dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi ketika mereka batuk atau bersin. Penularannya diperkirakan memerlukan kontak dekat yang berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi.

Wabah Mycoplasma pneumoniae sebagian besar terjadi di tempat ramai seperti sekolah, asrama perguruan tinggi, fasilitas pelatihan militer, fasilitas perawatan jangka panjang, dan rumah sakit. Penyebaran di keluarga, sekolah, dan institusi bisa terjadi secara perlahan. Orang yang terinfeksi biasanya menularkan kurang dari 20 hari.

Agar semakin tahu apa itu Mycoplasma pneumoniae, ketahui juga gejalanya. Secara umum, infeksi yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae bersifat ringan. Gejalanya tergantung pada jenis infeksinya. Jenis infeksi yang paling umum adalah tracheobronchitis (dada dingin).

Gejala umum pilek dada meliputi:

– Sakit tenggorokan
– Merasa lelah
– Demam
– Batuk yang memburuk secara perlahan dan dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan
– Sakit kepala

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi ini bisa menjadi berbahaya dan merusak jantung atau sistem saraf pusat. Contoh gangguan ini meliputi:

– Radang sendi , di mana persendian menjadi meradang
– Perikarditis , peradangan pada perikardium yang mengelilingi jantung
– Sindrom Guillain-Barré , kelainan neurologis yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian
– Ensefalitis , peradangan otak yang berpotensi mengancam jiwa
– Gagal ginjal
– Anemia hemolitik
– Kondisi kulit yang langka dan berbahaya seperti sindrom Stevens-Johnson dan nekrolisis epidermal toksik
– Masalah telinga langka seperti myringitis bulosa

Agar semakin tahu penyakit apa itu, dalam beberapa kasus, infeksi Mycoplasma pneumoniae bisa menjadi berbahaya. Jika Anda menderita asma , MP dapat memperburuk gejala Anda. MP juga bisa berkembang menjadi kasus pneumonia yang lebih parah.

Anggota parlemen jangka panjang jarang terjadi, tetapi ada penelitian menyarankan bahwa hal itu dapat berperan dalam penyakit paru-paru kronis. Dalam kasus yang jarang terjadi, MP yang tidak diobati bisa berakibat fatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya