SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita pakai masker. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Di tengah wabah penyakit pernapasan misterius pneumonia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau orang-orang di China untuk tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan tetap tinggal di rumah jika merasa tidak enak badan. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Langkah-langkah ini seolah mengingatkan kita pada pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu yang melanda dunia beberapa waktu lalu.  Kasus ‘pneumonia yang tidak terdiagnosis’ ini telah terdeteksi di rumah sakit di Beijing dan di Liaoning, sebuah provinsi yang berjarak 500 mil di timur laut ibu kota.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Menurut laporan berita setempat, wabah ini telah membuat fasilitas kesehatan kewalahan menangani anak-anak yang sakit dan menyebabkan sekolah-sekolah hampir ditiadakan.

Imbauan WHO untuk memakai masker ini berdasarkan fenomena anak-anak yang terinfeksi virus pneumonia misterius di China ini mengalami radang paru-paru dan demam tinggi, tetapi tidak disertai batuk atau gejala lain yang menandakan flu, RSV, atau penyakit pernapasan lainnya.

Situasi ini memicu peringatan dari ProMed, sistem pengawasan penyakit yang juga membunyikan alarm infeksi misterius di Wuhan pada hari-hari terakhir tahun 2019, yang kemudian muncul sebagai pandemi Covid global.

Menanggapi wabah misterius ini, WHO telah mengimbau warga di China untuk mengenakan masker, menjaga jarak dengan orang yang sakit dan tetap berada di rumah jika tidak sehat. WHO juga telah meminta informasi rinci dari pihak berwenang China tentang wabah tersebut.

Selain itu, badan kesehatan masyarakat internasional PBB juga telah meminta pihak berwenang China untuk mengungkapkan “informasi terperinci” mengenai wabah misterius tersebut.

Dalam upaya untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai situasi ini, badan kesehatan PBB juga telah menjalin komunikasi dengan para profesional kesehatan dan ilmuwan.

Sementara itu, WHO juga merekomendasikan agar warga negara China memeriksakan diri dan mencari perawatan medis sesuai kebutuhan. WHO juga menyarankan untuk memastikan ventilasi yang baik dan mencuci tangan secara teratur.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Pneumonia Misterius Merebak, WHO Himbau China Kembali Terapkan Kebijakan Wajib Masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya