SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan tidak sehat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan yang justru bisa melemahkan sistem daya tahan tubuh terlebih jika dikonsumsi secara berlebih.  Untuk menjaga kesehatan tubuh, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Imun tubuh sangat diperlukan untuk melawan berbagai virus dan bakteri yang tidak sengaja masuk ke tubuh. Ketika sedang sakit imun tubuh bekerja untuk melawan virus dan bakteri agar tubuh cepat pulih.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di musim penghujan penting sekali untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Terlebih bila setiap hari kamu beraktivitas di lapangan yang harus terkena panas dan hujan.

Namun ada beberapa makanan bisa melemahkan kekuatan daya tahan tubuh jika dikonsumsi jika berlebih. Dikutip dari healthline.com pada Minggu (21/1/2024) berikut ini ulasannya:

1. Menambahkan gula

Tak lagi diragukan bahwa membatasi seberapa banyak tambahan gula yang dikonsumsi dapat membantu kesehatan secara menyuluruh dan fungsi imun tubuh.

Makanan yang secara signifikan menaikkan tekanan darah, seperti yang tinggi gula tambahannya, dapat meningkatkan produksi protein inflamasi seperti tumor necrosis alpha (TNF-?), C-reactive protein (CRP), and interleukin-6 (IL-6), yang mana secara negatif memengaruhi fungsi imun.

2. Makanan asin

Makanan asin seperti keripik, makanan beku kemasan, dan makanan siap saji  juga bisa melemahkan daya tahan tubuh karena makanan dengan tinggi garam dapat memicu peradangan jaringan dan meningkatkan penyakit autoimun.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng tinggi dalam kelompok molekul yang disebut advanced glycation end products (AGEs). AEGs terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak selama suhu tinggi ketika memasak seperti saat menggoreng.

Jika kadarnya menjadi terlalu tinggi dalam tubuh, AGEs dapat ikut memberikan inflamasi (peradangan) dan kerusakan sel.

4. Makanan siap saji

Makanan cepat saji juga bisa melemahkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Memakan makanan cepat saji dan ultra-proses bisa mengarahkan ke inflamasi,  meningkatkan permeabilitas usus, dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus, yang semuanya dapat berdampak negatif terhadap kekebalan tubuh.

5. Makanan tinggi lemak tertentu

Diet tinggi lemak jenuh dan rendah lemak tak jenuh telah dikaitkan dengan disfungsi kekebalan tubuh. Asupan lemak jenuh tinggi dapat mengaktifkan jalur sinyal tertentu yang menyebabkan peradangan, sehingga menghambat fungsi kekebalan tubuh. Diet tinggi lemak juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan fungsi sel darah putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya