SOLOPOS.COM - Ilustrasi muncul uban. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui apa penyebab uban muncul di usia muda agar kamu bisa melakukan pencegahan sebelum terlambat. Untuk menjaga kesehatan rambut, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Rambut berwarna putih atau abu-abu ini bisa mengurangi rasa percaya diri. Bahkan jika muncul terlalu dini bisa membuat kita terlihat lebih tua dibandingkan usia sesungguhnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Umumnya rambut berwarna putih ini dihubungkan dengan usia yang lebih tua atau usia 40 tahun ke atas. Namun akhir-akhir ini, tak sedikit usia 30 tahun ke bawah sudah berambut putih.

Ternyata, munculnya uban di usia muda bisa terjadi sebelum memasuki usia 20 tahun untuk orang-orang yang memiliki ras Kaukasia. Sementara untuk orang-orang yang memiliki ras Asia, uban di usia muda banyak ditemukan sebelum memasuki usia 25 tahun, dan ras Afrika-Amerika sebelum memasuki usia 30 tahun.

Berikut ini beberapa penyebab munculnya uban di usia muda dikutip dari halodoc.com pada Senin (11/9/2023):

1. Keturunan atau Genetik

Ada sebuah pembahasan menarik di Current Problems in Dermatology yang menyebutkan bahwa lingkungan dan genetik turut berpengaruh terdapat pori-pori atau sel induk folikel, yang menjadi tempat bertumbuhnya rambut dan sel pigmen rambut atau melanosit.

Inilah yang selanjutnya dipercaya menjadi penyebab munculnya uban di usia muda pada beberapa orang. Jadi, kalau kamu mengalami uban di usia dini, bukan tidak mungkin orang tua atau keluarga lain juga mengalaminya.

2. Stres

Stres juga merupakan salah satu penyebab uban muncul di usia muda. Sebuah penelitian dalam Nature Medicine berhasil menemukan kaitan antara stres dan menipisnya sel induk pada folikel rambut yang diuji pada hewan tikus. Stres yang terjadi bisa memicu munculnya stres oksidatif yang berujung pada rusaknya sel rambut.

3. Defisiensi Vitamin B12

Penyebab lain munculnya uban di usia yang masih muda adalah defisiensi vitamin B12. Bukan tanpa alasan, vitamin B12 turut berperan penting terhadap pertumbuhan sel rambut. Tubuh memerlukan asupan vitamin ini untuk menunjang sel darah merah yang bertugas membawa dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, tak terkecuali rambut.

Kurang asupan vitamin B12 pada tubuh dapat membuat sel rambut melemah, dan berpengaruh pada produksi pigmen yang memberi warna atau melanin. Tak hanya itu, defisiensi vitamin ini juga dapat memicu anemia pernisiosa, kondisi saat tubuh tidak mampu menyerap vitamin B12 dalam jumlah yang pas.

4. Masalah pada Kelenjar Tiroid

Studi pada The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa kadar hormon tiroid yang menurun juga dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Hormon tiroid T3 dan T4 berhubungan langsung dengan folikel rambut untuk meningkatkan proses melanogenesis atau membuat sel melanosit.

Fungsinya untuk menghasilkan melanin atau pigmen pada rambut. Kondisi kelenjar tiroid yang terlampau aktif atau sebaliknya bisa berdampak pada tubuh yang membuat melanin dalam jumlah yang lebih sedikit.

5. Kebiasaan Buruk Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa jadi pemicu munculnya uban di usia muda. Ini termasuk turut menyebabkan munculnya uban pada usia muda. Sebab, merokok dapat menyebabkan meningkatkan kadar stres oksidatif yang berada pada melanosit sel rambut.

Tak hanya itu, zat racun yang terkandung pada rokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan tubuh, termasuk folikel rambut. Merokok juga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan berdampak pada kurangnya asupan darah ke rambut, sehingga memicu rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya