SOLOPOS.COM - Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi usung nama WHOOSH. (KCIC)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah warganet memberikan reaksi mereka setelah pemerintah mengganti nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi WHOOSH. Nama ini pun viral di media sosial terutama Twitter yang sekarang berganti menjadi X.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menetapkan WHOOSH sebagai nama merek atau jenama Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Penamaan ini merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan oleh tim penilai. Adapun tim penilai diketuai oleh Triawan Munaf, yang sudah melakukan penilaian sejak bulan Juli 2023 lalu.

“Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam Konferensi Pers Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Kamis (21/9/2023).

Menhub Budi menjelaskan bahwa filosofi “Whoosh” berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

Pengumuman nama WHOOSH ini jelas menimbulkan beragam reaksi warganet di media sosial. Twitter dan Instagram. Dari kedua platform tersebut, ditemukan beberapa komentar menarik dari warganet. Sejumlah warganet menyayangkan pemilihan nama tersebut sebagai nama baru Kereta Cepat Jakarta – Bandung.

Mereka menganggap, Indonesia tak kekurangan kata yang menggambarkan Indonesia. Pemerintah bisa mempertimbangkan pemilihan nama tokoh pewayangan atau hal-hal yang lebih mencerminkan Indonesia lainnya.

Reaksi warganet lainnya juga membuat lelucon dari nama kereta cepat WHOOSH ini. Misalnya dari salah satu pengguna Twitter yang mencoba menebak mengapa pemerintah menggunakan nama WHOOSH.

“Kenapa kereta cepat pakai nama WHOOSH? kalau Tut Tut Tut cuma sampai Surabaya (naik kereta api, tut tut tut, siapa hendak turun, ke Bandung – Surabaya), ” tulisnya.

“Daripada WHOOSH mending KRAMAT aka Kereta Cepat Amat,” tulis yang lain.

Warganet lain menyebut bahwa pemilihan nama Whoosh ini seperti hanya asal comot tanpa pertimbangan. Di sisi lain, Menhub menjelaskan bahwa sayembara nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini diikuti 10 agensi terpilih yang telah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik.

Selain itu WHOOSH merupakan singkatan dari ‘Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal’ yang menjadi identitas kereta cepat.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Twitter setelah Kereta Cepat Jakarta – Bandung Ganti Nama Jadi WHOOSH

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya